Tingkatkan Profesionalisme, 600 Pekerja Pariwisata Ikuti Kompetensi Sertifikasi

Redaksi Redaksi
Tingkatkan Profesionalisme, 600 Pekerja Pariwisata Ikuti Kompetensi Sertifikasi
ilustrasi
PEKANBARU, riaueditor.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengaku untuk mengangkat nilai profesionalisme para pekerja di sektor pariwisata, pihaknya telah melakukan peningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku usaha sektor pariwisata, di Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP).

"Saat ini tidak kurang dari 600 orang ikut dalam kompetensi sertifikasi itu. Meski demikian, kita akan tetap lakukan sertifikasi terus setiap tahun guna peningkatan SDM," katanya, Rabu (23/3).

Menurutnya, sertifikasi itu besar pengaruhnya bagi pelaku usaha. Sebab, menurutnya, orang tidak akan tahu kalau pelaku usaha itu hebat jika tidak memiliki sertifikasi.

"Apabila pelaku usaha sudah mengantongi sertifikasi, artinya kemampuan mereka itu sudah diakui dan teruji. Sebab sertifikasi itu kan didapatkan melalui tes," jelasnya.

Untuk wilayah Sumatera lanjutnya, Riau dipercayakan untuk mengelola LSP tersebut. Dalam sistemnya, LSP memang berdiri sendiri, dibina dan dibentuk oleh Dinas Pariwisata Riau.

LSP memiliki standar dan sertifikasi tersendiri. Individu juga bisa dilakukan sertifikasi, dengan syarat tercatat sebagai anggota asosiasi di sektor pariwisata. Misalnya anggota Aspi, Asita dan lainnya.(dea)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini