`Serakal` Masuk Lima Besar Kompetisi Karya Musik Inovatif

Redaksi Redaksi
`Serakal` Masuk Lima Besar Kompetisi Karya Musik Inovatif
ai/riaueditor.com
Komunitas Seni Muda Bernas (KEMAS) Kepulauan Meranti.
PEKANBARU, riaueditor.com- Karya musik berjudul `Serakal` garapan Muhadi Apriansyah dari Komunitas Seni Muda Bernas (Kemas) untusan Kabupaten Kepulauan Meranti masuk lima besar pada perhelatan Kompetisi Karya Musik Inovatif se-Riau, Sabtu (30/8). Kompetisi Musik Inovatif ini merupakan perhelatan tahunan yang ditaja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau melalui Taman Budaya Riau yang dipusatkan di Anjung Seni Idrus Tintin (ASIT), Bandar Serai.

Karya musik Serakal merupakan karya musik yang berangkat dari tradisi Riau memuji para nabi. Dari nyanyian puji-pujian nabi inilah dirangkai dengan alat musik, sehingga melahirkan karya musik yang unik dan memberikan warna tersendiri.

"Kita harus memberikan apresiasi positif terhadap generasi muda yang memiliki multi talenta seperti yang kita saksikan bersama tadi. Untuk berkarya memerlukan intuisi yang tajam serta disanding dengan bagaimana kita bisa mencerna sebuah karya sastra menjadi sebuah garapan yang menarik untuk dinikmati", ujar Eka Saputra yang merupakan salah seorang dari tim penilai pada acara tersebut.

Seniman Pemangku Negeri (SPN) Zuarman Ahmad, yang juga salah seorang penilai, menjelaskan bahwa banyak sekali sumber untuk menciptakan karya musik dan salah satunya sastra lisan yang ada di Riau ini.

"Banyak sekali karya sastra lisan yang ada di Riau ini untuk dijadikan dasar sebagai acuan kita menggarap komposisi musik," ucap Zuarman Ahmad ketika ditemui seusai perhelatan tersebut.

Pada tahun ini, perhelatan Kompetisi Musik Inovatif mengangkat tema sastra lisan yang ada di Riau. Untuk tahun depan rencananya Dinas Pariwisata Provinsi Riau  akan melaksanakan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.

Sementara itu, Berty Asmara, Pembina Kemas Kabupaten Meranti, sangat bangga dengan prestasi anak binaannya. "Saya sangat bangga dengan prestasi anak-anak Kemas yang sampai hari ini masih bisa terus aktif berkarya dan alhamdulillah Kemas diberi kepercayaan lagi oleh Dinas Parpora Kepulauan Meranti untuk ikut even ke level provinsi," ujar Berty Asmara ketika dihubungi melalui telepon genggamnya.(ai)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini