Beda Racikan Kopi Beda Rasa: Drip, Espresso, Sampai Latte

Redaksi Redaksi
Beda Racikan Kopi Beda Rasa: Drip, Espresso, Sampai Latte
(Taylor Franz/StockSnap)
Jenis minuman kopi bukan hanya sekadar kopi hitam. Terdapat berbagai racikan kopi yang dapat dinikmati.

JAKARTA - Jenis minuman kopi bukan hanya sekadar kopi hitam. Terdapat berbagai racikan kopi yang dapat dinikmati. Setiap racikan minuman kopi itu memiliki perbedaan tersendiri, mulai dari cappuccino, latte, hingga macchiato.

Perbedaan berbagai minuman kopi ini diperoleh dari takaran kopi, tambahan pada kopi seperti susu,  dan cara penyajian. Perbedaan itu menghasilkan warna serta rasa minuman kopi yang berbeda.

Macam-macam minuman kopi ini biasanya tersedia di berbagai kafe dan kedai kopi. Kenali perbedaan setiap istilah minuman kopi ini agar tak kebingungan saat memesan kopi. Anda juga bisa membuat sendiri minuman kopi ini.

Berikut perbedaan berbagai minuman kopi.

Lihat juga: 6 Makanan yang Baiknya Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa

1.  Drip

Drip atau kopi tetes merupakan secangkir kopi biasa atau kopi hitam. Cara membuat drip sangat sederhana yakni mencampurkan air dan kopi. Gula dapat ditambahkan kemudian sesuai selera.

2. Espresso

Espresso dibuat dengan menggiling biji kopi. Lalu, direndam dan diseduh dengan air panas sehingga menghasilkan minuman konsentrat sekitar 1-2 ons. Oleh karena itu, espresso sering kali disajikan dalam gelas yang berukuran sangat kecil.

Espresso dapat diminum langsung dan bisa juga menjadi dasar pembuatan minuman kopi lainnya.

3. Espresso con panna

Espresso con panna merupakan campuran espresso dengan whipped cream. Hasilnya, whipped cream dapat menawarkan rasa kopi.

4. Espressino

Espressino merupakan racikan espresso yang ditambah dengan topping susu dan bubuk cokelat. Terkadang espressino juga ditambahkan dengan Nutella.

5. Ristretto

Ristretto merupakan racikan minuman kopi yang dibuat dengan cara yang sama dengan espresso tapi menggunakan jumlah air yang lebih sedikit. Alhasil, kopi ristretto lebih pekat dibanding espresso.

6. Lungo

Dalam bahasa Italia, Lungo berarti long atau panjang. Lungo merupakan versi espresso dengan proses pembuatan yang lebih lama dan membutuhkan air yang lebih banyak. Ektraksi kopi lungo dapat mencapai 1 menit.

7. Latte

Latte merupakan paduan kopi dan susu. Sebabnya dua pertiga takaran latte merupakan susu, dan satu pertiga lainnya adalah espresso. Biasanya latte dibuat dengan espresso sebagai lapisan dasar dan ditambahkan dengan susu.

8. Cappuccino

Cappuccino memiliki takaran kopi dan susu yang sama dengan latte. Namun, cappuccino memiliki busa susu yang lebih tebal di bagian atas minuman kopi.

9. Macchiato

Macchiato juga merupakan campuran espresso dengan susu. Takaran kopi adalah dua pertiga yang dicampur dengan satu pertiga susu, dan busa tipis.

10. Americano

Americano merupakan olahan espresso dan air. Rasio racikan Americano adalah 1:2, yakni satu espresso untuk dua bagian air.

11. Cold brew

Cold brew merupakan minuman kopi yang dingin. Cold brew dibuat dengan cara merendam kopi bubuk dalam air dingin lalu disaring. Kopi ini tidak asam karena dibuat tanpa panas.

Ilustrasi. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

12. Frappuccino

Frappuccino merupakan olahan minuman kopi dari salah satu gerai kopi ternama di dunia. Minuman ini dibuat mencampur kopi, krim, dan es. Hasilnya, menyerupai milkshake.

13. Red eye

Red eye adalah kopi drip yang dicampurkan dengan satu shot espresso.

14. Black eye

Black eye adalah kopi drip yang dicampurkan dengan dua shot espresso.

15. Green eye

Green eye merupakan campuran kopi drip dengan tiga shot espresso.

16. Affogato

Affogato merupakan campuran es krim vanila dengan satu shot espresso. 

(CNNIndonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini