KPK Janji Ungkap Kasus Mantan Pejabat Pajak Rafael Alun

Redaksi Redaksi
KPK Janji Ungkap Kasus Mantan Pejabat Pajak Rafael Alun
Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo yang juga ayah Mario Dandy tersenyum usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (1/3/2023). Rafael Alun Trisambodo mengaku lelah

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan menuntaskan proses penyelidikan kasus mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo. KPK kini tengah menggelar penyelidikan terkait harta kekayaan mantan pejabat pajak tersebut.

"Yang pasti KPK komitmen selesaikan proses penyelidikan yang sedang kami lakukan ini," kata Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi Ali Fikri, Minggu (26/3/2023).

Lalu, terkait dengan hasil pemeriksaan yang KPK lakukan terhadap Rafael beberapa waktu lalu, Ali belum bisa membeberkan ke publik. Sebab hingga kini masih dilakukan penyelidikan kasus tersebut.

Selain itu, kata Ali, KPK juga masih memerlukan waktu dalam melakukan penyelidikan atas perkara harta Rafael Alun.

"Kami percepat pendalaman untuk menemukan peristiwa pidana dan pihak yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Perkembangan nanti akan disampaikan," kata Ali Fikri.

Rafael Alun pada Jumat 24 Maret 2023 kemarin kembali memenuhi panggilan tim penyelidik KPK guna mengklarifikasi harta kekayaannya. Itu merupakan kali kedua dirinya diperiksa di KPK berkaitan hartanya.

Rafael Alun tak sendiri, dia bersama dengan istrinya, Ernie Meike Torondek. Rafael diperiksa sekitar hampir 12 jam sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB.

Ayah tersangka Mario Dandy Satriyo ini tidak banyak bicara kepada wartawan saat keluar dari markas lembaga antirasuah. Begitu juga dengan sang istri, tak bersedia memberikan keterangan apa pun kepada awak media. Ernie memilih bungkam.

KPK akan Cekal Rafael Alun ke Luar Negeri

Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (1/2/2023). Rafael mengenakan batik bercorak gelap dengan diselimuti jaket dan masker berwarna hitam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

KPK berencana akan mengajukan pencekalan ke luar negeri terhadap Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy Satriyo.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur mengatakan pihaknya akan mengajukan pencekalan terhadap Rafael saat proses penanganan perkara sudah naik ke tingkat penyidikan. Diketahui kasus Rafael Alun masih tahap penyelidikan.

"Proses sekarang ini masih dalam penyelidikan. Tentunya kita komitmen utuk menyelesaikan perkara ini. Nanti setelah naik penyidikan kita akan lakukan pencegahan," ujar Asep di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

Terkait dengan adanya isu Rafael Alun akan kabur ke luar negeri jika tak dicekal, Asep mengaku yakin Rafael Alun akan menjadi warga negara yang taat akan proses hukum. Asep meminta Rafael Alun kooperatif bertanggungjawab atas apa yang telah diperbuat.

"Tentunya saya yakin walau ada informasi dari rekan-rekan, saudara RAT sebagai warga negara yang baik juga aparatur pemerintahan akan berani bertanggung jawab dan menghadapi proses ini. Kami juga mengimbau tidak lari atau kabur ke mana pun. Dihadapi saja prosesnya," kata Asep.

(sumber: Liputan6.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini