Cegah Penyebaran Covid-19 Meluas, Polsek Tanah Putih Dirikan Pos PPKM Mikro di Level RT

Redaksi Redaksi
Cegah Penyebaran Covid-19 Meluas, Polsek Tanah Putih Dirikan Pos PPKM Mikro di Level RT
riaueditor

TANAH PUTIH, riaueditor.com - Guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, Bhabinkamtimas bersama Babinsa dan perangkat desa mendirikan Pos PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro di sejumlah titik di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis (22/4/2021).


Kapolsek Tanah Putih Kompol YE Bambang Dewanto mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM Makro ini bertujuan untuk mengendalikan pandemi Covid-19 lebih signifikan langsung kepada masyarakat setingkat RT. 


"Karena berdasarkan evaluasi oleh pimpinan, pelaksanaan PPKM cukup berarti menekan kasus positif Covid-19," ujar Bambang. 


Dikatakannya, pendirian Pos PPKM Mikro ini ada sebanyak 8 Pos di 5 RT, dimana dalam wilayah RT tersebut ada masyarakatnya yang terpapar virus Covid-19 seperti di Kepenghuluan Ujung Tanjung, Kelurahan Sedinginan, Kelurahan Cempedak Rahuk, Kelurahan Sekeladi Hilir dan Kepenghuluan Rantau Bais. 


Pendirian Pos PPKM Mikro level RT ini melibatkan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pihak kesehatan serta perangkat desa dan bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga sebagai tempat penanganan pencegahan dan kegiatan pendukung lainnya.


"Kita juga mempunyai target yang harus dicapai selama Pos PPKM ini berdiri diantaranya adalah, apabila kita melakukan test swab kepada seseorang hasilnya sudah keluar selama 1 24 jam. Melakukan pelacakan kontak (Contact Tracing) sebanyak 15-30 orang yang kontak erat dengan pasien positif Virus Covid-19 dan harus sudah kita selesaikan 3-5 hari sejak pasien positig Virus Covid-19 di temukan," jelas Bambang. 


Lebih jauh dikatakan Bambang, kegiatan di Pos PPKM Mikro ini juga melaksanakan penyemprotan disinfektan, serta kunjungan bersama petugas kesehatan kepada masyarakat yang positif Covid-19.


"Pos ini juga berguna sebagai empat fungsi yaitu Penanganan, Pencegahan, Pembinaan, dan Pendukung," pungkas Bambang. (HT)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini