Gawat! Harga Bahan Bangunan Paku Sampai Semen 'Beterbangan'

Redaksi Redaksi
Gawat! Harga Bahan Bangunan Paku Sampai Semen 'Beterbangan'
Foto: Seorang pekerja pembuat maket properti gedung di Architeka Raya Studio Tangerang Selatan (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

JAKARTA - Efek domino pandemi Covid-19 memicu lonjakan harga komoditas, termasuk harga sejumlah barang material bangunan, seperti semen, besi beton, dan paku.

Situs Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, harga semen ukuran 50 kg bergerak naik di pekan keempat Desember 2021 dibandingkan sepekan sebelumnya. Naik berkisar 2%. Bahkan, Semen Tonasa 50 kg melonjak hingga 16,60%.

Selain itu, harga besi beton juga naik 1-2%, disertai kenaikan harga paku ukuran 2 cm sebesar 5,60%.

Mengutip tradingeconomics.com, harga aluminium di pasar internasional juga bergerak naik mulai medio Desember 2021. Atau, sekitar 2 bulan setelah sentuh level tertinggi pada 15 Oktober 2021. Harga timah juga masih stabil di kisaran level rekor US$39.000 per ton.

Ketua REI DKI Jakarta Arvin F Iskandar mengatakan, kenaikan harga barang material akan memicu lonjakan ongkos konstruksi developer, ujung-ujungnya ke harga rumah.

"Itu otomatis. Tapi, kalau mau menaikkan harga rumah, kita juga lihat-lihat dulu. Dan, mungkin tidak akan langsung mengikuti kenaikan harga barang material," kata Arvin kepada CNBC Indonesia, Jumat (7/1/2022).

Apalagi, kata Arvin, kenaikan harga barang material karena efek domino gangguan rantai pasok yang dipicu pandemi Covid-19. Serta, dampak terjadinya inflasi.

"Harga barang material pasti akan turun lagi,"kata dia.

Soal harga rumah, biasanya pengembang memiliki perhitungan sendiri. Dan tidak akan mengganggu pasar. Menurut Arvin, permintaan rumah di tahun 2022 masih akan tetap tumbuh.

"Kemungkinan developer akan memangkas diskon. Yang tadinya diskon selling price bisa mencapai 10-15%, jadi hanya 5-10%. Sehingga, terlihat ada kenaikan sedikit di harga rumahnya," kata Arvin.

(sumber: CNBCIndonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini