BK DPRD Kampar Revisi Tata Tertib

Redaksi Redaksi
BANGKINANG(RE)-Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Kampar, kecewa melihat tingkat kehadiran anggota DPRD Kampar sangat rendah dalam mengikuti agenda sidang yang sudah ditetapkan. Ketua BK DPRD Kampar Safii mengatakan akan merevisi tatib DPRD Kampar.

Dijelaskan Safii, rencana itu sudah disampaikan pada pimpinan dan sekretariat dewan, namun belum bisa dipastikan kapan. Semua unsur pimpinan menurut Syafii juga sudah menyetujui dan saat ini draf revisi sedang disusun. “Diperkirakan awal 2013 mendatang tuntas,” kata politisi Golkar ini.

Salah satu poin tata tertib penting dalam rtevisi tersebut yang penting untuk direvisi adalah kata berturut turut. Dalam sebuah pasal disebutkan, sanksi terhadap dewan akan dijatuhkan jika wakil rakyat tidak menghadiri sidang paripurna tiga kali berturut turut.

Kata "berturut-turut" ini menurut Safii dapat dikelabui oleh dewan, sehingga kata berturut-turut ini diganti dengan hitungan kualitas kehadiran dewan. “Dewan sulit memberikan sanksi pada dewan karena dewan dapat mengelabuinya. “Misalkan seorang anggota dewan tidak hadir dalam dua kali sidang paripurna, namun sidang ketiga dia hadir. Kemudian dua paripurna berikutnya tak hadir lagi, ujar safii.

Oleh karenanya, dalam revisi Tatib DPRD Kampar ini metode pengukuran kehadiran wakil rakyat akan dihitung secara kuantitas dalam rentang waktu tertentu. Maksudnya, dalam beberapa kali Paripurna yang bersangkutan beberapa kali tidak datang tanpa harus dihitung secara berturut turut, maka akan dikenakan sanksi.

Tambahnya, tingkat kehadiran dewan ini juga bisa mengukur tingkat disiplin dewan itu sendiri. “Absensi kehadiran dewan selama ini masih dilakukan secara manual, tanda tangan. Menurutnya secara manual ini sudah tidak efektif lagi. Oleh karena itu BK akan mengadakan absensi elektrik, pemindai jari (finger scanner).

“Itu sudah di sampaikan ke Sekwan, mudah-mudahan tahun depan bisa terelisasi,” ungkap safii.(shi)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini