Wagubri Edy Natar Nasution Buka Porda VI SOIna Riau 2021

Redaksi Redaksi
Wagubri Edy Natar Nasution Buka Porda VI SOIna Riau 2021
istimewa

PEKANBARU, riaueditor.com - Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution membuka secara resmi Pekan Olahraga Daerah (Porda) VI Spesial Olimpics Indonesia (SOIna) Riau tahun 2021, Pekanbaru 07-10 Oktober 2021 yang dilaksanakan Ballroom Pekanbaru Prime Park Hotel Pekanbaru, Jumat (8/10/2021).

Dalam sambutannya, Wagubri mengatakan, meski masih dalam pandemi Covid-19, perhelatan Porda VI SOIna Riau dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu, diingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Apa yang sangat kita banggakan hingga pada hari ini, bahwa atlet-atlet SOIna Riau telah mengharumkan nama Riau di pentas nasional bahkan hingga internasional dengan torehan prestasi. Dan lewat Porda VI SOIna ini juga dapat melahirkan atlet-atlet SOIna yang lainnya," ujar Wagubri menyampaikan.

Raihan prestasi atlet-atlet SOIna Riau ini diantaranya menjadi Juara Umum pada Pekan Olahraga Tingkat Nasional (PORNAS) Special Olympics Indonesia (SOIna) 2018 lalu. Saat itu Riau berhasil meraih 18 medali emas, 17 medali perak serta 17 medali perunggu.

Di tingkat internasional, di Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi, atlet SOIna Riau berhasil menyumbangkan empat medali emas dan dua medali perak.

"Ini semuanya merupakan yang sangat membanggakan, dan ini harus mendapat dukungan dari semua pihak, sebab ini adalah tanggung-jawab kita bersama," ujar Wagubri.

Pada Porda VI SOIna 2021 ini, akan bertanding sebanyak 177 orang atlet dari 12 kabupaten-kota se-Provinsi Riau. Porda ini juga melibatkan 194 dewan juri dan 63 orang pelatih.

Porda SOIna ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 7 sampai 10 Oktober 2021. Akan mempertandingkan 12 cabang olahraga, diantaranya renang, Bocce (seperti bola gelinding,red), sepakbola, badminton, atletik, futsal, tenis meja, dan floorball.

"Porda SOIna ini merupakan event kompetisi bagi anak-anak disabilitas intelektual yang dilaksanakan sekali dua tahun. Ini juga persiapan untuk mengikuti Pornas SOIna 2021 di Jawa Tengah dan Spesial World Games di Berlin," ujar Ketu SOIna Riau Novilia dalam sambutannya.

Saat ini yang membanggakan Riau, disampaikan Novilia, atlet Floorball SOIna Riau akan mewakili Indonesia di Kazan Rusia. "Informasi terbaru ini ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, karena masih pandemi Covid-19. Namun, demikian atlet Floorball diminta untuk tetap berlatih, sebab ketika pandemi Covid-19 ini berakhir, tim atlet floorball ini tetap akan diberangkatkan ke Kazan, Rusia," ujar Novilia.(*)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini