Harimau Terjebak di Kolong Ruko Warga, Evakuasi Terkendala Lokasi yang Jauh

Redaksi Redaksi
Harimau Terjebak di Kolong Ruko Warga, Evakuasi Terkendala Lokasi yang Jauh
ist.

INHIL - Seekor harimau terjebak di kolong ruko warga di perkampungan warga Desa Teluk Nibung, Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

"Harimau masih bertahan di kolong ruko warga," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono Kamis (15/11/2018).

Tim mengalami kesulitan untuk mengevakuasi satwa langka tersebut karena lokasi yang cukup jauh, dan harus ditempuh melalui jalur darat dan air.

Apalagi jalur darat via Teluk Meranti terputus di Pulau Muda, Kabupaten Pelalawan, sehingga tim rescue BBKDSA memutar untuk berupaya bergerak dari Tembilahan.

Tim BBKDA juga sudah menyiapkan box trap (kandang dari besi). Dia berharap agar harimau Sumatera segera bisa direlokasi dari permukiman. Warga juga diimbau untuk menjaga jarak dengan harimau.

Harimau dewasa itu kemarin menampakan diri di antara ruko warga, dan diperkirakan menyerang empat sapi warga.

Kemunculan harimau disebabkan karena hutan sebagai habitat harimau telah dibabat oleh perusahaan kertas untuk menjadi tanaman akasia dan perkebunan kelapa sawit milik sejumlah perusahaan besar di Inhil.

"Harimau tersebut selama ini diperkirakan tinggal di semak belukar yang luasannya hanya 4 hektare. Lokasinya berdekatan dengan permukiman," imbuhnya.

Warga Inhil sebelumnya juga dihebohkan dengan penyerangan harimau Bonita. Satwa ini menyerangan tiga warga, dua di antaranya tewas. Penyerangan itu dikabarkan karena anak Bonita ditangkap pemburu. Bonita sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke pusat rehabilitasi harimau, di Dhamasraya, Sumatera Barat.

(okezone.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini