SMAN 1 Kepenuhan Laksanakan Studi Lapangan di Istana Pagaruyung

Redaksi Redaksi
SMAN 1 Kepenuhan Laksanakan Studi Lapangan di Istana Pagaruyung
mar/riaueditor.com

KEPENUHAN, riaueditor.com - Sebanyak 48 siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 1 Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu melaksanakan studi lapangan ke Provinsi Sumatra Barat selama dua hari, 26-27 November 2019 dalam rangka memperkaya pengalaman dan wawasan tiga bidang studi yaitu Sejarah, Sosiologi dan Geografi.

Rombongan studi lapangan tersebut dipimpin Drs Ponizan yang juga guru bidang studi Geografi bersama dua orang guru lainnya yaitu Dahriyal Hamidi S.Pd guru bidang studi Sejarah, dan Dwi Sulistiono S.Sos guru bidang studi Sosiologi.

Menurut Dahriyal Hamidi SPd selaku guru pembimbing mengatakan ini adalah sebuah kegiatan yang mempraktekkan hasil dari pembelajaran siswa semuanya di kelas dan sekarang langsung terjun ke lapangan guna memastikan apa saja yang telah dipelajari secara teoritis. 

"Tujuannya adalah menguji sedalam mana siswa tersebut bias berdialog, dan mencari data yang pasti tentang suatu objek penelitian tersebut, setelah mengadakan penelitian seluruh siswa  menyusun laporan serta dapat mengembangkan pola pikir dari siswa SMA Negeri 1 Kepenuhan," ungkapnya.

Adapun objek kegiatan tersebut terletak di daerah Provinsi Sumatra Barat  yang dikunjungi dan diteliti adalah istana pagaryung, dengan mendengarkan keterangan tentang seluk beluk sejarah mulai berdirinya istana tersebut yang dijelaskan oleh seorang narasumber.

Pada kegiatan kunjungan ilmiah tersebut para siswa tampak serius dan bersemangat dalam menggali informasi dari nara sumber objek studi lapangan itu yang sebagai narasumber tersebut adalah seorang petua yang bernama Kuntum Haya, S.Pd dan Penjelasan dari nara sumber tersebut membuat mereka memahami tentang sejarah Istana Pagaruyung di Sumatra Barat tersebut dan juga mereka sibuk dengan pena dan kertas yang mereka bawa untuk mencatat tentang seluruh penjelasan dari narasumber supaya nanti setelah itu bisa lebih mudah menyusun Laporan kegiatan.

Kegiatan Gelar Praktek Studi Lapangan ini mendapat respon positif dari Kepala sekolah SMAN 1 Kepenuhan M. Ardi, SS. M.Pd. Karena itu, kepala sekolah mendukung secara baik kegiatan seperti ini ditradisikan. Ia juga berharap bisa menjadi sarana efektif untuk memberikan pengalaman yang membekas. 

"Kegiatan ini saya harap bisa memotivasi siswa dalam menghadapi pembelajaran di kelas. Dan siapa tahu ke depan ada beberapa siswa yang kelak menjadi peneliti handal, arsitektur, maupun pejabat yang mampu berkontribusi untuk pengembangan dari hasil penelitian tersebut," tukasnya.(mar)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini