Humas Pemkab Rohil Imbau Perusahaan Tugaskan Wartawan Profesional di Rohil

Redaksi Redaksi
Humas Pemkab Rohil Imbau Perusahaan Tugaskan Wartawan Profesional di Rohil
BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com- Menyikapi pemberitaan tak sedap terhadap Bupati Rokan Hilir H Suyatno pada salah satu media, Kabag Humas Pemba Rokan Hilir, Hermanto meminta kepada semua perusahaan media massa untuk mempekerjakan atau menugaskan wartawan yang memahami tugas-tugas jurnalistik, khususnya untuk peliputan di wilaya Kabupaten Rokan Hilir.

Demikian diungkapkan Hermanto kepada riaueditor.com, Selasa (2/12/2014) di kantornya jalan Merdeka Bagan siapi-api. Pihaknya merasa keberatan dengan pemberitaan di salah satu media tersebut yang mengatakan semenjak di bawah kepemimpinan Bupati Suyatno, Kabupaten Rokan Hilir menjadi tidak terarah, bahkan Rokan Hilir saat ini tengah di ambang kehancuran.

Menurut Hermanto yang oleh awak media di Rohil akrab disapa "Uban" (Ulung Bagan), sebenarnya pihaknya tidak mau terlalu ambil pusing memikirkan berita yang menuding tanpa dasar tersebut. Hermanto menilai masyarakat tidak sebodoh itu hingga bisa diprovokasi dengan issu dan berita yang tak jelas.

Masyarakat sudah jeli dan berpikiran maju dalam membaca informasi. Bila mereka membaca 10 media, jika sembilan media menyampaikan berita mayor dan satu media menyampaikan berita minor, dengan sendirinya sembilan media itu sudah memberikan jawaban. Masyarakat juga bisa memilah media mana yang bisa dijadikan rujukan dalam memperoleh informasi.

Masih terkait pemberitaan tak berdasar tersebut, Hermanto menghimbau dalam menggali berita hendaknya cukup berdasar dan memiliki data fakta dan sumber yang jelas. "Jangan hanya membuat berita atau isu miring berdasarkan apa yang didengar saja," tukas Hermanto.

Kepada perusahaan media massa Kabag Humas emkab Rohil ini juga mengimbau agar tidak terlalu mudah menerbitkan dan memberikan kartu pers kepada siapa pun. Hermanto melihat adanya oknum-oknum berbekal kartu pers tanpa dibekali pengetahuan jurnalistik. Oknum inikah yang mencemarkan citra profesi wartawan.

"Yang begini tentunya sangat merugikan wartawan lain yang mengutamakan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistiknya," ucap Hermanto
lagi. (Mhd)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini