DPR Buka-bukaan Pentingnya RUU Energi Baru Terbarukan ke Investasi

Redaksi Redaksi
DPR Buka-bukaan Pentingnya RUU Energi Baru Terbarukan ke Investasi
Foto: detikcom

JAKARTA - Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Energi Baru Terbarukan (EBT) saat ini tengah dibahas oleh DPR bersama dengan pemerintah. Digadang-gadang dengan adanya UU EBT investasi di sektor EBT akan meningkat.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan masih banyak pihak yang berpandangan jika energi fosil jauh lebih murah daripada EBT. Padahal jika melihat dari sudut pandang emisi maka EBT sebenarnya murah.

Menurutnya makin ke sini harga listrik yang dihasilkan dari EBT semakin murah. Sehingga cepat atau lambat energi fosil akan tergantikan dengan EBT.

"Cepat atau lambat EBT akan gantikan energi fosil, biaya listrik dari EBT terus turun," ujarnya dalam CNBC Energy Conference, Senin (26/04/2021).

EBT menurutnya menjadi prioritas di Komisi VII. Pihaknya ingin investasi di sektor EBT semakin masif, untuk mendorong hal tersebut maka Komisi VII menginisiasi penyusunan RUU EBT.

"RUU EBT inisiatif ini sejalan dengan komitmen pemerintah mengarah pada pemanasan global," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan jika EBT adalah sebuah keharusan. Di mana energi berkelanjutan adalah hal yang penting, namun aspek keekonomian juga penting.

"Pengelolaan energi bersih dan berkelanjutan harus sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," tegasnya.

Sugeng menegaskan jika EBT menjadi solusi yang konkrit di masa yang akan datang. Menyelesaikan RUU EBT menjadi bagian dari revolusi energi.

"Harus dapat terobosan solusi sehingga dapat hasil yang optimal," paparnya optimis.

(sumber: CNBCIndonesia.com)


Tag:
RUU

Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini