Soal Tim Relawan Karhutla di Desa, Pemprov Tunggu Petunjuk Pusat

Redaksi Redaksi
Soal Tim Relawan Karhutla di Desa, Pemprov Tunggu Petunjuk Pusat
ist.net
PEKANBARU, riaueditor.com- Wacana Gubernur Riau, H Annas Maamun untuk membentuk tim relawan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla di setiap Desa di Riau tampaknya harus sedikit sabar. Sebab, saat ini Pemperov Riau saat ini tengah menunggu petunjuk pusat agar tidak salah dalam melangkah.

Pernyataan ini disampaikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, Zaini Ismail kepada wartawan. Dikatakannya, pihaknya tengah meminta petunjuk dan menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi untuk realisasi program penyediaan lima tim relawan pemadam kebakaran yang rencananya akan ditempatkan di setiap desa.

"Sampai sekarang belum ada balasan dan bentuk payung hukum yang bisa digunakan untuk realisasi tim relawan tersebut," kata Zaini, Rabu (23/4).

Diakuinya, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Mendagri untuk meminta petunjuk bagaimana realisasi program pengadaan lima tim relawan di setiap desa. "Kita menunggu balasannya," jelasnya.

Sementara dijelaskan Zaini, beberapa kabupaten di Riau sudah terlebih dahulu berinisiatif membentuk tim relawan, seperti Kabupaten Siak dan Bengkalis. "Mereka sudah lebih dahulu membentuk," terang Zaini.

Untuk itu, dirinya mewakili Pemprov Riau mengimbau kepada seluruh bupati/walikota untuk tetap siap dan terus-menerus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak lagi membakar lahan. "Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan. Mereka harus bisa menjaga lahan yang berada di sekitar dan cepat tanggap jika memang terjadinya kebakaran," imbuhnya.

Imbauan ini berangkat dari prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bahwa daerah Sumatera, termasuk Provinsi Riau akan dilanda kemarau kering sepanjang Mei-September 2014.

"Untuk itu, kita mengimbau kepada bupati/walikota agar aktif dalam menanggapi musibah yang akan kita alami bulan depan," tukasnya. (dea)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini