The Lead Institute: Kelompok Ekstremis Sekarang Menyasar Kaum Muda

Redaksi Redaksi
The Lead Institute: Kelompok Ekstremis Sekarang Menyasar Kaum Muda
istimewa

JAKARTA - Kelompok ekstremis di Indonesia mengalami ‘kemajuan’ pesat terutama terkait perkembangan teknologi dan informasi yakni internet. Mereka memanfaatkan internet secara negatif untuk kepentingan mereka.

“Kegiatan terorisme mulai dari penyebaran propaganda ideologi ekstremisme, perekruitan anggota, komunikasi internal, penyediaan logistic, pelatihan teroris, perencanaan dan bahkan serangan teror semua memanfaatkan internet,” kata Dr. phil, Suratno, M.A. Ketua The Lead Institute, Universitas Paramadina di Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Kelompok ekstremis sekarang menyasar kaum muda. Ada banyak alasan kenapa hal ini terjadi seperti; kaum muda masih masa transisi (dari anak-anak ke dewasa) sehingga emosi masih labil, masih pencarian identitas diri, suka tantangan, petualangan dan heroisme.

Selain itu kaum muda juga belum punya tanggungan (masih single) sehingga lebih bebas untuk diajak bergabung. “Kaum muda umumnya sangat familiar dengan internet sehingga para perekruit teroris akan ‘ngorbit’ di dunia internet (cyberspace) untuk mencari mangsa. Kaum muda dengan pemahaman agama yang rendah menjadi lebih rentan lagi untuk direkrut kelompok ekstrimis,” ujar peraih gelar doktor di Goethe-University Frankfurt, Jerman ini.

Merespon hal itu Suratno menyampaikan bahwa The Lead Institute Universitas Paramadina sejak tahun 2017 sampai sekarang membuat program ‘Pemuda Internet Sehat dan Anti-Ekstremisme’.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini