Kakanwil Kemenkumham Riau Sidak Lapas Kelas II B Teluk Kuantan

Redaksi Redaksi
Kakanwil Kemenkumham Riau Sidak Lapas Kelas II B Teluk Kuantan
Kakanwil Kemenkumham Riau Moh. Jahari Sitepu saat sidak di Lapas Kelas II B Teluk Kuantan.(Foto: Ist)

KUANSING - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, Moh. Jahari Sitepu, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Senin (28/11/2022) sekitar pukul 22.00 WIB. Lapas ini merupakan Lapas terpadat kedua di Indonesia.

"Tujuan kunjungan ini hanya untuk memastikan pengamanan Lapas terpadat kedua ini berjalan Aman dan Kondusif," ungkap Jahari Sitepu.

Saat sidak, jumlah petugas pengamanan hanya sebanyak 5 orang. Namun ini tidak menyurutkan semangat petugas dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

"Pastikan tidak ada seorang pun warga binaan berada di luar kamar hunian pada malam hari, cek gembok kamar hunian, dipastikan sudah terkunci dengan baik," kata Jahari Sitepu dihadapan Kalapas Teluk Kuantan, Bejo dan jajaran.

Petugas jaga harus rutin kontrol keliling, siaga dan waspada. Petugas juga jangan sampai lengah sedikit pun.

Lapas Kelas II B Teluk Kuantan ini memiliki kapasitas normal hunian 53 orang. Namun saat ini, Lapas ini dihuni sebanyak 343 orang. Artinya Lapas ini mengalami overload hunian sebesar 650%.

Kakanwil juga sempat berbincang dengan warga binaan. Beliau meminta warga binaan juga harus ikut serta menjaga dan memelihara kondusifitas lapas.

"Anggap saja ini rumah kita sendiri, mari saling menghormati dan menghargai satu sama lain, kita semua bersaudara," pesan Kakanwil.

Terhadap petugas, Jahari juga berpesan agar dapat selalu mengayomi warga binaan. Memperlakukan warga binaan secara humanis dan penuhi hak-hak mereka.

"Jangan sekali-kali kalian lakukan pungli, menyeludupkan HP apalagi narkoba. Ketahuan dengan saya, saya sikat, saya pecat," tutupnya.(RA)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini