Komisi III DPRD Kampar Minta Disnak Matangkan Pembinaan Kelompok Tani

Redaksi Redaksi
[caption id="attachment_1375" align="alignleft" width="150"] HM Rais[/caption]

BANGKINANG(RE)- Komisi 3 DPRD Kampar meminta agar dinas peternakan terkait lebih meningkatkan pengawasan dan pembinaan kepada kelompok tani  yang ada di kampar, karena pembentukan kelompok tani tidak hanya sekedar membentuk dan memberikan bantuan saja. Namun, bagaimana  membina petani mengelola bantuan tersebut sehinga sesuai dengan tujuan.

Karena apa yang menjadi tujuan dari pemerintah itu untuk mensejahterakan masyarakatnya. Dan dengan pertanian diharapkan itu bisa berjalan dengan baik," Ujar ketua komis 3 DPRD kampar H M Rais Ssos kepada wartawan berapa waktu lalu.

M Rais menjelaskan, komisi 3 yang membidangi anggaran, keuangan, perbankan, pertanian, peternakan,
ekonom kerakyaran pada berapa waktu lalu, telah melakukan study banding ke kabupaten 50 kota Sumatra barat, disana mereka menemui satu kelompok tani yang dibina oleh peternakan kabupaten tersebut.

Kelompok tani ini dibentuk sejak delapam tahun yang lalu yang beranggotakan 20 orang, modal awalmereka sebenar Rp 500 juta dan sapi sebanyak 20 ekor ,’’Namun saat ini mereka sudah memiliki 300 ekor sapi dan asset sebesar Rp 3, 8 M , ini suatu hal yang luar biasa, bahkan mereka sudah mengembangkan usahanya ke bidang yang lain dan seluruh anggotanya sudah sejahtera,‘’jelasnya.

Langkah ini menurut komisi 3 perlu ditiru oleh Kampar, apalagi pemkab kamapr sudah mencanangkan bantuan dana bergulir bagi petani setelah merekamengikuti pelatihan ‘’Yang penting adalah bukan hanya bantuannya saja namun juga bagaimana mengawasi dan mebina agar bantuan itu efektif ‘’ujarnya

Selama ini yang terjadi adalah dinas memberikan bantuan namun setelah itu petani dibiarkan saja tanpa ada pengawasan apalagi pembinaan. “Sehingga akhirnya petani banyak yang gagal, untuk itu pola inilah menurutnya harus dirubah, agar sector pertanian serta peternakan berjalan baik, “harapnya.(Smi)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini