Ajukan Penambahan Kamar, RSJ Tampan Over Kapasitas

Hampir 90 persen pasien tidak memiliki keluarga
Redaksi Redaksi
Ajukan Penambahan Kamar, RSJ Tampan Over Kapasitas
PEKANBARU, riaueditor.com- Kepala Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, dr Ernawati mengaku pasien RSJ saat ini sudah overload (melebihi kapasitas). Untuk itu, pihaknya telah mengajukan penambahan bangunan ke Pemprov Riau melalui Dinas Sosial (Dinsos) Riau untuk menampung pasien-pasien yang bermasalah dengan kejiwaan tersebut.

"Kondisi kamar untuk pasien kita sudah overload ya, kita hanya memiliki 182 kamar. Sementara pasien yang saat ini sudah 200 orang yang menggunakan fasilitas RSJ," kata Ernawati kepada KR, kemarin.

Untuk sementara pihaknya menambah tempat tidur (springe bad) di setiap kamar untuk mengantisipasi penampungan pasien itu agar tidak ada pasien yang terlantar oleh Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan itu. Sebab, pihaknya tidak ingin ada orang gila yang berkeliaran dan mengganggu masyarakat.

"Kadang ada pasien itu yang nyaman tidur di kolong tempat tidur tetapi tidak mengganggu yang lain, itu bisa kita sisipkan tempat tidur disana untuk mengantisipasi kekurangan kamar itu," ungkapnya.

Tahun ini, lanjutnya, pihaknya telah mengajukan penambahan kamar ke Pemprov Riau melalui Dinas sosial (Dinsos) Riau. Mudah-mudahan, harapnya, pada APBD murni tahun 2014 mendatang semua sudah bisa direalisasikan. "Karena kalau pada APBD-P sudah tidak terkejar lagi, makanya mudah-mudahan tahun depan semua bisa tercapai," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, hampir 90 persen pasien yang berada di rumah sakitnya tidak memiliki keluarga. Mereka (para pasien, red) ditemukan petugas RSJ sedang berkeliaran di jalanan. "Orang-orang gila yang berkeliaran itu juga kita angkat dan diobati di RSJ," bebernya.

Kadang, tuturnya, para pasien yang sudah sehatpun lebih nyaman tinggal di rumah sakit ketimbang kembali ke rumah masing-masing. "Ada yang menyatakan tetap ingin di rumah sakit, ada yang sudah diantar pulang tetapi kembali lagi," terangnya.(dea)

Tag:
RSJ

Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini