Terintegrasi dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kawasan Candi Muara Takus Ditata

Redaksi Redaksi
Terintegrasi dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kawasan Candi Muara Takus Ditata
Candi Muara Takus.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Kunjungan Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah Menteri ke Riau beberapa waktu lalu, membawa angin segar untuk Riau. Setelah kepala negara meresmikan operasional jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, kini pemerintah akan melakukan penataan kawasan Candi Muara Takus.

Candi yang berada di Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar ini konon merupakan cagar budaya peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang usianya lebih tua dari Candi Borobudur di Jawa Tengah.

"Direncanakan penataan kawasan candi Muara Takus," kata Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Senin (9/1/2023).

Menurut Sekdaprov, Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono bahkan sudah memerintahkan kepada Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan Candi Muara Takus untuk mengecek langsung lokasi.

Rencana penataan kawasan candi ini sepenuhnya akan dibiayai oleh negara. Wacana ini pun diharapkan benar-benar terwujud sebagai bentuk upaya mengembangkan potensi destinasi wisata budaya ini.

Dukungan infrastuktur jalan yang terintigrasi dengan akses jalan tol Pekanbaru-Bangkinang menuju Desa Alai Kampar yang tidak berjauhan dari kawasan candi. Terlebih jika nantinya tol lanjutan Desa Alai ke Pangkalan Sumatera Barat terwujud.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini