Hasil Pertimbangan Tim 8, Anies Kantongi Satu Nama Cawapres

Redaksi Redaksi
Hasil Pertimbangan Tim 8, Anies Kantongi Satu Nama Cawapres
Anies Baswedan.(Foto: Jawa Pos)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasdem sekaligus anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Willy Aditya menyebut capres mereka, Anies Baswedan sudah mengantongi satu nama cawapres. Sosok cawapres yang masih dirahasiakan namanya itu merupakan hasil pertimbangan Tim 8.

"Cawapres itu sudah kita putuskan di Tim 8. Jadi benar sudah ada satu nama," kata Willy kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Willy menjelaskan, Tim 8 alias tim kecil yang terdiri atas perwakilan Nasdem, PKS, Demokrat, dan pihak Anies menentukan satu nama cawapres itu setelah melalui proses pertimbangan kuantitatif dan kualitatif selama sekian bulan. Berawal dari lebih dari lima nama kandidat cawapres, lalu dikerucutkan menjadi tiga nama, hingga akhirnya diputuskan satu nama.

Dia enggan memastikan apakah satu nama cawapres pilihan Tim 8 itu berasal dari internal koalisi atau bukan. Dia juga enggan memastikan apakah sosok itu laki-laki atau perempuan. Dia hanya mengatakan, cawapres pilihan Tim 8 itu adalah sosok yang sesuai dengan aspirasi rakyat.

Dia mengatakan, satu nama cawapres itu sudah diserahkan kepada Anies. "Ya nanti kita intip kantong Mas Anies saja (siapa sosoknya). Kami bersepakat biar Mas Anies yang menyampaikan," ujar Willy.

Menurutnya, Anies merasa cocok dengan sosok cawapres pilihan Tim 8 itu. "Kalau dia tidak cocok, ya dia suruh pulangin lagi ke tim," kata Willy.

Nyatanya, lanjut Willy, Anies menyampaikan satu nama cawapres itu kepada pimpinan partai koalisi. Tujuannya untuk berkonsultasi sekaligus menentukan waktu yang tepat untuk mengumumkan nama cawapres itu.

Anies, kata Willy, telah menyampaikan satu nama cawapres itu kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023). Anies hari ini (2/6/2023) menyampaikan satu nama itu kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower. Selanjutnya, Anies akan menyampaikan nama itu kepada pimpinan PKS.

Menurut Willy, Anies menyampaikan satu nama itu kepada pimpinan partai koalisi bukan untuk meminta persetujuan. Sebab, partai koalisi sudah sejak jauh-jauh hari bersepakat menyerahkan kepada Anies menentukan sosok cawapres.

Willy menambahkan, Tim 8 telah menetapkan tenggat waktu pengumuman nama cawapres Anies, yakni 16 Juli 2023. Pengumumannya bisa saja lebih cepat dari tanggal itu tergantung hasil konsultasi Anies dengan tiga pimpinan partai koalisi.

Sumber

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini