PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Termasuk Riau

Redaksi Redaksi
PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Termasuk Riau
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

JAKARTA - Terdapat 20 provinsi di luar Jawa-Bali yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Oleh sebab itu beberapa kabupaten dan kota mengalami perpanjangan PPKM level 4.

"Kami ingin laporkan adalah yang kenaikan perkembangan di luar Jawa Bali adalah yang naik 20 provinsi yang tertinggi adalah provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumut, Gorontalo dan Kalimantan Barat," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (2/8/2021).

Sedangkan provinsi yang mengalami penurunan kasus antara lain Nusa Tenggara Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat. Kepulauan Riau dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan kabupaten dan kota, Airlangga menyebut terdapay 45 kabupaten dan kota di 21 provinsi yang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dilanjutkan.

"Kalau kita lihat kota dan kabupaten yang naik karena kami mengkonsentrasikan pada kota/kabupaten yang naik di luar jawa-bali di ada 21 provinsi dan 45 kabupaten kota yang level 4 dan ini dilanjutkan," kata dia.

Salah satunya terjadi kenaikan terjadi di Kota Medan. Alasannya karena kota Medan hampir seluruh rumah sakitnya menjadi rujukan di Sumatera Utara.

Kemudian kota Makassar, Banjarmasin, Kota Pekanbaru, Kota Banjarbaru, Kota Tarakan dan Jayapura. Sedangkan dari kabupaten yang mengalami peningkatan yakni Sika, Berau dan Belitung.

"Ini adalah daerah-daerah yang kenaikan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah tersebut," kata dia.

(sumber: Liputan6.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini