Banjir di Rokan Hulu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Antar Jemput Anak Sekolah

Redaksi Redaksi
Banjir di Rokan Hulu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Antar Jemput Anak Sekolah
riaueditor.com/ded

ROHUL, riaueditor.com - Sebanyak 3 tempat fasilitas umum seperti Sekolah SD Negeri 003 Bonai Darussalam, PAUD Kasih Bunda serta 1 Posyandu dan 53 rumah di Desa Kasang Mungkal Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Riau, digenangi banjir sejak Senin (5/12/2023).

Saat peristiwa tersebut, perjuangan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bonai Darussalam rela menerjang banjir demi bisa antar dan jemput siswa untuk ke sekolah.

Mereka rela basah-basahan agar para pelajar dapat untuk mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester).

"Ini bentuk perhatian kami kepada para pelajar SD Negeri 003 Bonai Darussalam yang ingin ke sekolah untuk mengikuti UTS," ujar Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Koptu Jantri Istani, Selasa (5/12/2023).

Dia menuturkan, masih tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu khususnya di Kecamatan Bonai Darussalam menyebabkan meluapnya aliran sungai rokan.

Jantri Istani mengatakan, ketinggian air mencapai 35 hingga 40 sentimeter.

“Kami menghimbau warga agar tetap waspada dengan adanya banjir saat ini. Untuk korban jiwa Nihil, warga yang mengungsi juga Nihil,” katanya.

“Saya berharap kepada pihak terkait, kiranya dapat memberikan bantuan atau solusi tentang banjir yang yang selalu menggenangi fasilitas umum dan rumah warga,” tutupnya.

Ditempat terpisah, dilokasi banjir ke dua tepatnya di Sekolah SMA Negeri 2 Bonai Darussalam yang ada di Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, sudah lebih dari 1 bulan banjir hingga sampai saat ini masih merendam sekolah tersebut.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M. Sitepu mengatakan, banjir terjadi sejak Selasa 31/10/2023.

‘Sudah sebulan lebih saya terus memantau banjir yang ada di wilyah teritorial saya, kata M. Sitepu, Selasa (5/12/2023).

Ia menambahkan, saat ini proses belajar mengajar dilaksanakan di Gedung Taman Pembaca Al-Qur'an yang ada didesa tersebut.

"Karena banjir merendam sekolah, proses belajar dan mengajar dilakukan di kantin. Lalu proses belajar mengajar kemudian pindah ke tenda lapangan dan terakhir pindah lagi ke gedung TPA. Sudah tiga kali pindah kerena banjir," tutupnya.

Sementara itu, dilokasi banjir ke tiga tepatnya di Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussakam Kabupaten Rokan Hulu sudah 3 hari banjir juga menggenai sejumlah wilayah.

Hal tersebut di benarkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Koptu Yuliarno.

“Jalan lintas simpang kumu menuju kota Duri digenangi banjir. Untuk ketinggian air bervariasi antara 35 hingga 55 sentimeter,” katanya.

‘Saat ini arus lalu lintas tergangu, kendaraan roda dua harus menggunakan jasa penyebrangan yang dibangun oleh masyarakat dari kayu. Sementara untuk kendaraan kecil roda 4 saya himbau untuk mencari jalur alternatif, kata Yuliarno, Selasa (5/12/2023).

Dia menambahkan, selain menggenangi jalan lintas simpang Kumu menuju kota Duri, banjir juga menggenangi rumah dan fasilitas umum.

“Ada sebanyak 80 rumah dan 3 fasilitas umum seperti 1 Masjid dan 2 Musholla ikut tergenang air,” jelas Yuliarno.

Dia berharap, kedepan ada pihak terkait dapat membantu masalah banjir yang ada di wilayah teritorialnya.

“Saya sangat berharap kepada pihak terkait, terketuk hatinya dan dapat membantu warga saya dalam mencarikan solusi dalam mengantisipasi banjir kembali menggenangi fasikitas umum dan rumah warga saya,” tutupnya.(ded)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini