Persiapan Program Studi Di Luar Kampus Utama, Alfedri Sambangi Kemendikbud Ristek

Redaksi Redaksi
Persiapan Program Studi Di Luar Kampus Utama, Alfedri Sambangi Kemendikbud Ristek

JAKARTA, riaueditor.com - Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak Tahun 2021, Bupati Siak Alfedri menyambangi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Rabu (6/10/2021).

Kehadiran Bupati Siak Alfedri disambut baik oleh Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E., M.A.

Ditemui usai diskusi bersama Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bupati Alfedri menjelaskan bahwa kehadirannya untuk bersilaturahmi sekaligus mendiskusikan terkait dengan pembukaan dan pelaksanaan PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak Tahun 2021.

Untuk melaksanakan PSDKU tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak telah melakukan beberapa langkah persiapan, diantaranya penyediaan lahan seluas 10 ha, bangunan dan fasilitas lainnya yang akan dihibahkan guna penyelenggaraan PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sejalan dengan kebijakan Bupati Siak, Pemerintah Daerah juga akan memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu (miskin) yang terdata dalam PKH.

Rencana pelaksanaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak Tahun 2021, merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Siak untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia, yang memiliki keahlian dan terampil dalam bidang teknologi serta mampu bersaing secara global.

Alfedri menjelaskan, tujuan pendirian PSDKU di Kabupaten Siak adalah untuk pengembangan pendidikan vokasi (D3 dan D4) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Perluasan akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Patisipasi Kasar (APK) serta Pengembangan potensi sumber daya daerah dalam pendidikan tinggi vokasi.

Selain itu, pada PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak ada 3 (tiga) Program Studi yang diusulkan dan telah selesai dilakukan visitasi oleh Tim dari Kemendikbudristek yaitu ; (1). D3 Teknologi Kimia, (2). D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur dan (3). D4 Akuntansi Sektor Publik.

"Program studi ini sangat dibutuhkan sebagai persiapan pembangunan dan pengembangan Kawasan Industri Tanjung Buton serta peningkatan kemampuan tata kelola sistem keuangan sampai ke tingkat kampung," ucap Bupati Alfedri.

Harapan lain disampaikan Alfedri, sangat berharap agar Kemendikbudristek melalui Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, dapat kiranya memberikan dukungan dalam bentuk perizinan penyelenggaraan PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak dalam waktu tidak terlalu lama.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Siak Alfedri didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Lukman.(man)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini