DUDI Ukur Kompetensi Siswa SMKN 1 Siak

Redaksi Redaksi
DUDI Ukur Kompetensi Siswa SMKN 1 Siak
psm/rec

PEKANBARU, riaueditor.com - Untuk mengukur dan mengetahui tingkat pemahaman siswa atas pembelajaran selama mengikuti pendidikan dan praktek yang telah dilaksanakan, maka perlu dilakukan Ujian Kompetensi dan Keahlian (UKK) para siswa.

Pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bunga Raya, Kabupaten Siak Provinsi Riau bekerjasama dengan Pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dari Pekanbaru, menyelenggarakan Ujian Kompetensi dan Keahlian (UKK) selama dua hari, 27-28 Februari 2018 untuk siswa Jurusan Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) serta Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP). 

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bunga Raya, Yulhendri, SPd selaku Penanggung Jawab UKK dalam realisenya kepada riaueditor.com mengatakan, bahwa UKK merupakan salah satu Ujian yang diselenggarakan pihak sekolah dengan melibatkan Pelaku Dunia Usaha dan Industri (DUDI) sebagai pengujinya.

Hal itu dlaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa selama mengikuti pelajaran di sekolah, dan mengetahui apakah kemampuan siswa itu sendiri sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholder atau yang di namakan memiliki Kompetensi.

"Kompetensi itu sangat penting, karena dengan kompetensi itulah,  maka siswa akan mudah di terima oleh Pasar Tenaga Kerja", ujar Yulhendri.

Sementara Ketua Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Bunga Raya Witri Ningsih, S.E., mengungkapkan bahwa bagi siswa Jurusan Akuntansi, UKK tahun ini merupakan UKK kali kedua bagi siswa/i Akuntansi, dan sangat bersyukur sekali tidak ada kendala berarti dalam penyelenggaraannya. Dan Witri berharap semoga ke depannya SMK Negeri 1 Bunga Raya semakin lebih terkenal bagi khalayak dan dapat menjadi SMK unggulan baik di Kabupaten Siak, maupun di Riau, harapnya.

Secara terpisah, Ketua Panitia UKK SMK Negeri 1 Bunga Raya Lindawati, S.P., mengungkapkan, jumlah peserta UKK 2018 secara keseluruhan berjumlah 92 orang untuk 5 Jurusan dengan rincian, Jurusan ATP 15 Orang, TKJ 21 Orang, AK 18 Orang, T. PHP 12 Orang, TSM  14 Orang,  dan 12 Orang dari SMK Swasta Plus Muhammadiyah Tualang yang sudah dua Tahun mengikuti UKK di SMK Negeri 1 Bunga Raya selaku SMK Induk untuk Jurusan ATP dan RPL serta di uji oleh 5  (lima) orang yang berasal dari DUDI yakni Riau International College (RIC) Pekanbaru, PT. Capella Dinamika Nusantara, Kampoeng Cookkies Pekanbaru, Dinas Pertanian Kabupaten Siak, dan PT. Inti Indokomp Pekanbaru. 

Sementara Dra.  Hj. Kamariah, MPd, Pengawas Sekolah SMK dari Dinas Pendidikan Propinsi Riau, mengucapkan terima kasih kepada pihak DUDI dan berharap masukan-masukan yang positif dari pihak DUDI untuk evaluasi nantinya serta pihak DUDI kiranya selalu mendukung sarana praktek pembelajaran bagi siswa siswi SMK, 

“Terimakasih atas dukungan pelaku DUDI, kiranya selalu beri masukan untuk bahan evaluasi dan selalu mendukung sarana buat praktek belajar siswa SMK”, harap Kamariah. (rls/Patar Simanjuntak)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini