Riau Peringkat 5 STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

Redaksi Redaksi
Riau Peringkat 5 STQ Nasional XXVI di Maluku Utara
istimewa
Penutupan STQ Nasional XXVI, di Maluku Utara, pada Jumat (22/10) malam.

PEKANBARU - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI tahun 2021, Kafilah Provinsi Riau berhasil meraih prestasi gemilang. Ketua Dewan Hakim memutuskan Riau masuk peringkat 5 besar, setelah bersaing ketat dengan peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

STQ Nasional XXVI digelar di Sofifi, Maluku Utara 16-22 Oktober 2021. Pada acara penutupan STQ Nasional XXVI, Jumat (22/10) malam, Ketua Dewan Hakim, Said Agil Husin Almunawar, mengumumkan 10 provinsi yang berhasil meraih juara umum hingga rangking ke-10, berikut daftarnya:

Juara Umum : DKI Jakarta

Rangking 2 : Jawa Timur

Rangking 3 : Sumatera Utara

Rangking 4 : Banten

Rangking 5 : Riau dan Bangka Belitung

Rangking 6 : Jawa Tengah

Rangking 7 : Kepulauan Riau

Rangking 8 : Jawa Barat

Rangking 9 : Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Selatan

Rangking 10 : Sumbar dan Papua.

Pada ajang tersebut peserta dari Riau, Bayu Wibisono Damanik memperoleh juara 2 kategori Hifz Al-Quran 20 Juz dengan nilai 96.58, Bintang Fadhilla Putra Utama juara 2 kategori Hifz Al-Quran 30 Juz, dengan nilai 96.66, Siti Nuryani juara 2 cabang 100 Hadis + sanad dengan nilai 98.48.

Selanjutnya, Abrar Sadad memperoleh juara 3 cabang 500 Hadis tanpa sanad dengan nilai 91.50, Qifma Wardatul Jannah juga juara 3 cabang 500 Hadis tanpa sanad dengan nilai 91.66, dan Aljuanda memperoleh harapan 2.

Gubernur Riau H Syamsuar mengatakan, prestasi ini adalah hasil kegigihan kafilah Riau yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan pembekalan dari para pelatih. Bahkan pihaknya juga mendatangkan pelatih dari tingkat nasional.

"Ini adalah ikhtiar kita untuk meningkatkan kualitas kafilah. Saya juga sebelumnya telah mengingatkan, jangan menjadikan pandemi sebagai alasan akan menurunnya prestasi. Hal yang paling penting adalah tetap menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas dan tetap semangat menggali potensi.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dengan usaha dan ikhtiar bersama. Saya ucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih ini. Semoga pada STQ Nasional yang akan datang bisa meningkatkan prestasi kualitas kafilah," kata Syamsuar, Sabtu (23/10/2021) di Pekanbaru.

Pada STQ Nasional XXVI, sedikitnya ada 20 peserta dari Riau yang berjuang untuk mengukir prestasi. Terdiri dari cabang golongan hadis sebanyak 4 orang. Kemudian, cabang golongan tahfidz 10 orang, cabang golongan tilawah 4 orang, dan cabang golongan tafsir 2 orang.

Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur yang juga ketua Kafilah Riau bersyukur atas pencapaian ini. Ke depan pihaknya akan bertekad untuk lebih fokus melakukan pembinaan dan regenerasi pada qori dan qoriah di Riau.

"Semoga prestasi ini bisa membawa nama harum Provinsi Riau. Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Riau yang telah memberikan support. Insya Allah pada ajang nasional yang akan datang, kami akan berusaha berjuang untuk meraih prestasi lebih baik lagi," ucap Zulkifli didampingi Kepala Bagian Bina Mental Biro Kesra Setdaprov Riau, Sofwan Muhajir.

(MCR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini