Dispusip Siak Taja Kegiatan Pengawasan Arsip Dinamis Tahun 2023

Redaksi Redaksi
Dispusip Siak Taja Kegiatan Pengawasan Arsip Dinamis Tahun 2023
riaueditor.com/man

SIAK, riaueditor.com - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) kabupaten Siak menggelar kegiatan Pengawasan Audit Kearsipan Internal dan Pelaksanaan Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, di aula kantor Dispusip Kabupaten Siak, Kamis (11/5/2023).

Kegiatan ini diikuti utusan 28 OPD dan 14 Kecamatan se kabupaten Siak dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drh Hj Susilawati M.M, didampingi Sekretaris Dispusip Siak Dra. Hj Nining Riskianti M.Si.

Dalam sambutananya, Hj Susilawati menyampaian bahwa kearsipan harus terkelola dengan baik sesuai Undang-Undang (UU) karena merupakan urusan wajib yang memang bukan di pelayanan dasar tapi semua wajib melaksanakannya.

”Mengingat pengarsipan adalah alat bukti sah sehingga harus dipelihara agar arsip bernilai guna bisa awet sampai kapan saja. Dengan memiliki kearsipan maka kita memiliki data yang akurat," katanya.

Susilawati yang akrab disapa Susi melanjutkan, pengawasan kearsipan internal menjadi tanggungjawab Pemkab dan dilakukan oleh Lembaga Kearsipan Daerah terhadap seluruh perangkat daerah.

"Maka dari itu diminta kepada Kepala OPD untuk mendukung upaya menyelamatkan arsip kita, dan diharapkan kepada seluruh yang mengikuti kegiatan ini dapat menguasai pengelolaan Arsip di perangkat masing-masing serta meningkatkan kinerja serta pemahaman sistem klasifikasi kearsipan sesuai dengan Tata Naskah Dinas serta keamanan akses arsip sebagaimana fungsinya," jelasnya.

Hal ini katanya dilakukan terhadap arsip aktif, arsip vital sehingga diharapkan pengelolaan arsip dinamis dan statis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tak hanya itu, Susi menambahkan bahwa pengawasan kearsipan dilakukan untuk penegakan dan kepatuhan terhadap peraturan Perundang-undangan kearsipan dalam rangka peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan kearsipan.

Arah dan fokus pengawasan kearsipan adalah tindakan mengimplementasikan kebijakan untuk mewujudkan tertib arsip.

Pengawasan kearsipan juga diarahkan bagaimana tindakan atau perlakuan langsung terhadap arsip untuk lebih menjamin terciptanya arsip yang autentik, utuh dan terpercaya sehingga mampu dimanfaatkan sebagai bahan akuntabilitas kinerja lembaga dan alat bukti yang sah.

"Prosedur pengawasan kearsipan dimulai dari perencanaan program, pelaksanaan kemudian pelaporan asas yang harus tepat waktu, lengkap, akurat, objektif, jelas dan ringkas," tutupnya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Asmudin, SPd dalam laporannya menyampaikan bahwa Dispusip kabupaten Siak dalam entry brefing kegiatan pengawasan dinamis sebagai kewenangan kabupaten Kota, memandang perlu untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana pengelolaan arsip sehingga SDM setiap perangkat daerah mampu melaksanakan kegiatan pengarsipan dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan arsip dengan tertib dan baik.

"Maka dari itu diharapkan kepada seluruh ustusan dari 29 OPD dan 14 kecamatan dapat mengikuti ini dengan sebaik-baiknya agar apa yang kita harapkan dapat tercapai dengan baik," tutup Asmudin.(inf/siak/man)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini