UPT Diskanlut Rohil Lestarikan Ikan Lokal dengan Pemijahan Buatan

Redaksi Redaksi
UPT Diskanlut Rohil Lestarikan Ikan Lokal dengan Pemijahan Buatan
hen
UPT Diskanlut Rohil Lestarikan Ikan Lokal dengan Pemijahan Buatan.
BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com - Demi melestarikan perkembangbiakan ikan air tawar, tim dari unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Rokan Hilir melakukan pemijahan buatan (penyuntikan benih sel telur) terhadap jenis ikan selais di Balai Benih Ikan Ujung Tanjung, Minggu (25/5).

Usaha pemijahan tersebut merupakan terobosan dari program unggulan Pemkab Rokan Hilir yang dilaksanakan oleh Diskanlut guna menanggulangi agar ikan local jenis Selais ini tidak mengalami kepunahan. Pasalnya, keberadaan ikan tersebut yang hanya hidup di sungai Rokan setiap harinya mengalami kelangkaan.

"Saat ini Diskalut sudah memijahkan (perkawinan buatan ikan selais melalui penyuntikan benih) sebanyak tiga pasang, namun sebelum itu kita lakukan dulu penyeleksian terhadap ikan yang akan kita pijah," beber Plt Diskanlut Muhammad Amin kepada oketimes, Senin (25/5).

Dikatakan Plt Diskanlut secara bertahap pihaknya telah melakukan penyuntikan ikan selais pada hari Sabtu (23/5) pukul 16.00 Wib kemudian penyuntikan kedua pada pukul 20.00 Wib dan yang terakhir penyuntikan dilakukan pada hari Minggu (24/5) sekitar pukul 04.00 Wib.

"Setelah kita pijah, selanjutnya kita akan menunggu hasilnya, paling lama dua atau tiga hari sudah tau," paparnya.

Prestasi sebelumnya, Diskanlut Rohil telah berhasil membibitkan berbagai jenis ikan seperti paten, baung, lele dan ikan nila di beberapa kecamatan di Rohil. 

Sedangkan untuk pembudidayaan ikan senangin dan ikan bawal hitam di Panipahan, kecamatan Pasir Limau Kapas dikelola oleh Gapoktan. Saat ini pihaknya tengah melakukan pengawasan yang serius terhadap perkembang biakan ikan tersebut.(hen)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini