Wapres Ma'ruf Amin Canangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis Bersama Perwatusi

Redaksi Redaksi
Wapres Ma'ruf Amin Canangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis Bersama Perwatusi
Humas Perwatusi

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang digagas Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) pada Sabtu, (23/10).

Acara Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis diselenggarakan secara Hybrid dan diikuti ribuan peserta dari seluruh penjuru tanah air dengan pusat kegiatan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan dukungan penuh atas segala upaya lembaga-lembaga seperti Perwatusi yang secara aktif dan produktif membantu pemerintah untuk menuju cita-cita bangsa yaitu Indonesia sehat dan Produktif.

"Ditahun 2021 ini Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia atau Perwatusi, memilih sebuah tema yang sangat strategis untuk menunjang cita-cita Bangsa Indonesia menuju Indonesia sehat bertulang kuat dan produktif, yaitu Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis," kata Wapres Ma'ruf Amin yang hadir secara virtual.

Seperti kita ketahui, lanjut Ma'ruf Amin, bahwa Osteoporosis tidak saja menyasar satu dari tiga wanita di Indonesia tetapi juga kaum bapak yang juga sudah banyak terkena dampak penyakit keropos tulang ini.

"Peringatan Hari Osteoporosis pada 23 Oktober menjadi momentum untuk membangun kesadaran bersama. Sebab penyakit itu masih menjadi masalah kesehatan global, khususnya di negara berkembang. Lebih dari 200 juta orang dan 50% kejadian patah tulang disebabkan osteoporosis," imbuhnya.

Untuk itulah, lanjut Wapres, Gerakan Nasional Melawan Oteoporosis ini menjadi penting untuk kita dukung bersama oleh seluruh lapisan masyarakat, karena gerakan ini tidak saja bertujuan mengobati tetapi yang lebih penting melakukan pencegahan baik dengan aktifitas olahraga dan asupan nutrisi setiap hari.

Sejumlah tokoh ikut hadir secara virtual dan mendukung kegiatan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, diantaranya Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dante Saksono Harbuwono yang mengatakan pentingnya gerakan nasional ini dilakukan karena satu dari tiga wanita akan terkena dampak Osteoporosis.

Dukungan yang sama juga disampaikan secara virtual oleh Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menurutnya kegiatan masyarakat seperti yang dilakukan Perwatusi ini tidak saja dengan tujuan kesehatan semata tetapi lebih dari itu aktifitas olahraga masyarakat ini dapat juga mendorong perekonomian rakyat dan pariwisata.

"Tanggal 20 Oktober diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Osteoporosis Dunia yang di Indonesa dikenal dengan nama Hari Osteoporosis Nasional. Peringatan setiap tahun ini akan terus dilakukan untuk menyadarkan masyarakan Indonesia akan pentingnya mengetahui bagaimana mencegah dan juga menangani penyakit keropos tulang atau Osteoporosi ini," jelas Ketua Umum Perwatusi Anita Hutagalung.

Anita Hutagalung juga meyampaikan tentang inovasi dan aktifitas senam serta sosialisasi yang dilakukan Perwatusi bekerja sama dengan semua pihak, baik swasta maupun lembaga pemerintahan dengan tujuan utama terus menyadarkan masyarkan untuk peduli akan penyakit ini, baik dengan olahraga maupun asupan nutris setiap hari.

"Rangkaian acara ini tidak akan berhenti saat pencanangan hari ini saja tetapan Gerakan Nasional Melawan Oteoporosis ini akan terus bergulir dengan berbagai akitifitas di seluruh daerah dan juga akan diturunkan menjadi Gerakan Derah Melawan Osteoporosis agar upaya pencegahan dan penanggulangan osteoporosis ini dapat maksimal menjangkau seluruh lapisan masyarakat," kata Anta Hutagalung.

Ketua Panitia Hari Osteoporosis Nasional Perwatusi, DR. Sitti Nur Azizah SH.MH. mengatakan bahwa acara pencanangan ini diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta dari 13 dewan pengurus daerah dan 34 Dewan Pengurus Cabang secara Hybrid dan sesuai dengan protokol kesehatan di daerah masing masing.

"Di dalam perayaan ini juga diperkenalkan Osteodance Perwatusi yang menyasar kepada anak-anak muda sebagai tindakan pencegahan bagi kesehatan tulang dan produktifas generasi penerus dimasa depan," kata Sitti Nur Azizah.

Hadir dalam pencangan Hari Osteoporosis Nasional tersebut Sekretaris Umum Perwatusi Silvana, Ketua Panitia Pelaksana HON 2021 Sitti nurazizah Maruf Amin, Dewan Pengawas Perwatusi Prof Errol hutagalaung, Wakil Ketua Perwatusi Dr Andi Kurniawan, Wakil Ketua Perwatusi Dr Ade Tobing wakil dan Dewan Pengawas Perwatusi Farhat Brachma, serta Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman.(***)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini