Ditemukan Dalam Kondisi Sakit, Warga Serahkan Anak Macan Akar ke BKSDA

Redaksi Redaksi
Ditemukan Dalam Kondisi Sakit, Warga Serahkan Anak Macan Akar ke BKSDA
Ist
Juriana bersama petugas BBKSDA Riau saat akan melepasliarkan anak macan akar yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi sakit.

PEKANBARU - Seekor anak macan akar yang sedang sakit ditemukan seorang warga. Anak macan tersebut kemudian diserahkan kepada petugas BKSDA Riau resort Kerumutan Utara (Pos Kapou), Kelurahan Sorek I, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Selasa lalu.

Kabid Wilayah I BKSDA Riau, Andri Hansen Siregar mengatakan, satwa itu diserahkan warga bernama Juriana.

"Benar, kemarin ada warga yang menyerahkan anak macan akar yang disebutkan ditemukan dalam keadaan sakit," kata Hansen katanya Jumat (28/10/2022).

Menurut warga, awalnya Juriana dalam perjalanan pergi ke kebun bersama orang tuanya.Karena hari sedang hujan, Juriana memutuskan beristirahat di dalam pondok di kebunnya.

"Jadi anak macan akar ini ditemukan dalam kondisi lemah di dalam gubuk tersebut," jelas Hansen.

Merasa iba, Juriana memutuskan membawanya pulang. Kerabat Juriana menyampaikan bahwa satwa itu merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

"Atas kesadaran ibu Juriana, dia melapor dan menyerahkan satwa itu ke petugas Balai Besar KSDA Riau terdekat," ujar Hansen.

Setelah menerima satwa tersebut, petugas membuat berita acara penyerahan dan memberikan sosialisasi bahwa satwa macan akar termasuk satwa liar yang dilindungi dan sebaiknya dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

"Berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan fisik satwa yang sehat, lincah dan masih liar serta dinilai sudah mampu bertahan hidup di alam. Sehingga bersama ibu Juriana tim melepasliarkan satwa macan akar di sekitar kawasan hutan konservasi," sebut Hansen.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini