Hari Ini Bisa Vaksin Berbayar di Kimia Farma, Pakai Sinopharm

Redaksi Redaksi
Hari Ini Bisa Vaksin Berbayar di Kimia Farma, Pakai Sinopharm
Foto: Vaksinasi Gotong Royong, Astra-PBRX/dok Kimia Farma

JAKARTA - Mulai Senin (12/7/2021) masyarakat bisa melakukan vaksinasi secara individu. Program vaksiasi ini digelar oleh PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

Untuk vaksin yang digunakan adalah Sinopharm. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno dan penggunannyanya sesuai dengan keputusan pemerintah mengenai jenis vaksin yang digunakan.

"Vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinopharm sesuai dengan keputusan Pemerintah tentang jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong," kata Ganti saat dikonfirmasi CNBC Indonesia kemarin.

Program vaksinasi gotong royong mandiri ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.19 Tahun 2021 tentang Peribahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Ganti juga menambahkan program ini jadi salah satu upaya mempercepat herd immunity.

"Kami senantiasa memberikan support kepada Pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini, salah satunya adalah dengan layanan vaksinasi gotong royong individu di Klinik Kimia Farma ini untuk percepatan herd immunity," jelasnya.

Program ini sejalan dengan riset yang dilakukan sejumlah lembaga. Disebutkan jika banyak permintaan dari kelompok masyarakat ingin vaksinasi individu untuk segera mendapatkan perlindungan kesehatan.

Harapan program bisa mempercepat pembentukan kekebalan komunal juga disebutkan Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury. Apabila hal itu sudah terjadi pemulihan ekonomi nasioal juga bisa berjalan lebih cepat.

"Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun Individu," kata Pahala.

Harga vaksinasi telah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm.

Harga satu dosis harus merogoh Rp321.660 dan juga tarif layanan senilai Rp117.910 per dosis. Jadi perkiraan biaya untuk menyelesaikan dua dosis adalah sekitar Rp 879.140.

(sumber: CNBCIndonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini