9,8 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Punya Riwayat Diabetes

Redaksi Redaksi
9,8 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Punya Riwayat Diabetes
Suasana sepi pemakaman khusus Covid-19 di TPU Jombang, Tangerang Selatan, Selasa (24/8/2021). Setelah mengalami lonjakan kasus kematian akibat covid-19 yang cukup signifikan pada Juli 2021 lalu, TPU Jombang mengalami penurunan dalam dua pekan terakhir. (m

JAKARTA - Pemerintah mengajak seluruh masyarakat termasuk yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) untuk selalu menjaga gaya hidup sehat menuju era kehidupan berdampingan dengan COVID-19.

Berdasarkan data covid19.go.id, per Jumat (10/9/2021), dari total kasus meninggal karena COVID-19 di Indonesia, terdapat 9,8 persen pasien yang memiliki diabetes melitus, 9,4 persen memiliki hipertensi, 4,6 persen memiliki penyakit jantung.

Penyakit-penyakit ini termasuk dalam kategori komorbid atau penyakit penyerta yang bisa bertambah parah saat terinfeksi COVID-19.

“Sebagai kelompok rentan, anggota masyarakat dengan komorbid diharapkan sangat menjaga kesehatan, sehingga risiko terpapar virus COVID-19 dapat ditekan. Ikhtiar yang harus dilakukan misalnya dengan disiplin mengenakan masker serta mempercepat vaksinasi lengkap,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com.

Ia menambahkan, komorbid adalah istilah kedokteran untuk penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita, biasanya merujuk pada penyakit kronis. Bagi pasien COVID-19, komorbid merupakan masalah kesehatan lain yang telah dimiliki pasien sebelum tubuhnya terinfeksi virus Corona.

Penyakit penyerta ini akan membuat gejala COVID-19 yang dialami pengidap semakin parah, terlebih jika tidak segera tertangani. Pasien COVID-19 dengan komorbid cenderung membutuhkan perawatan kesehatan lebih kompleks.

Penyakit komorbid di antaranya hipertensi, diabetes, penyakit paru kronis, autoimun, penyakit ginjal, dan obesitas.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini