Peluncur Rudal Anti Kapal Exocet MM40 Block 3 di KCR KRI Halasan 630 Telah Terpasang

Redaksi Redaksi
Peluncur Rudal Anti Kapal Exocet MM40 Block 3 di KCR KRI Halasan 630 Telah Terpasang
Instagram KRI Halasan 630

SUARABAYA - Pelan namun pasti, modernisasi terus dilakukan oleh TNI AL. Bila sebelumnya beberapa KCR (Kapal Cepat Rudal) terlihat dipasangi meriam ‘sementara’ Bofors 40 mm pada haluannya, kini beberapa telah berganti dipasangi meriam modern otomatis Bofors 57 MK3 atau AU-220M 57 mm. Pun demikian dengan rudal anti kapal, bila sebelumnya ada yang dipasangi peluncur rudal anti kapal C-705 buatan Cina, kini nampak sudah dipasangi peluncur rudal anti kapal Exocet MM40 Block 3 buatan MBDA Perancis.

Seperti yang terbaru diperlihatkan oleh KCR Halasan 630, selain sudah dipasangi Bofors 57 MK3 pada haluan dan 2 pucuk kanon PSU kaliber 20 mm plus CMS Terma, maka dari video yang diposting Instagram KRI Halasan 630, dikabarkan bahwa pada minggu ketiga Juli 2022, sudah mulai dipasang peluncur Exocet MM40 Block 3. Peluncur Exocet MM40 Block 3 di KRI Halasan 630 dipersiapkan dalam model 2×2 tubes.

Dengan total empat tabung peluncur, menjadikan komposisi jumlah Exocet MM40 di KRI Halasan 630 setara dengan yang ada di korvet Diponegoro Class. Exocet MM40 Block 3 diluncurkan dari peluncur (launcher) ITL-70A yang digunakan untuk Exocet MM40 Block 2.

Meski punya dimensi dan berat yang sama dengan Exocet MM40 Block 2, Exocet MM40 Block 3 punya kinerja yang lebih baik. Sebut saja dari jangkauan, bila Block 2 hanya bisa menyasar target OTH (over the horizon) sejauh 120 km, maka di Block 3 jangkauan ditingkatkan hingga 180 - 200 km.

Peningkatkan performa tak lain berkat adopsi pendorong dari jenis Turbomeca TR-40/263 turbojet buatan NAMMO dengan booster roket, sedangkan MM40 Block 2 masih memakai solid propellant dengan booster roket. Meski begitu, dalam hal kecepatan MM40 Block 3 masih sama dengan Block 2, yakni ada di level high subsonic dengan Mach 0,93 ber-high G manuver tingggi (10g).

Dari sistem penuntun terminal pada fase akhir, rudal Exocet Block 3 juga dilengkapi GPS guidance hingga lebih dari 10 waypoint, sehingga bisa menyerang kapal atau sasaran permukaan, dengan sudut serang yang rumit, agar pergerakan rudal ini susah diantisipasi penangkis rudal dari kapal perang lawan. Selain itu, Exocet MM40 Block 3 juga dibekali laser gyro, GPS (global positioning system), INS (inertial navigation system), radar aktif J band, dan image recognition.

Exocet MM40 Block 3 punya RCS (radar cross section) yang kecil, dipadukan dengan mesin beremisi panas rendah (low IR signature) membuat MM40 Block 3 diklaim sebagai stealth anti ship missile. (Bayu Pamungkas)

(Indomiliter)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini