Waspada Virus Baru Menyebar di Jepang, Menginfeksi Manusia

Redaksi Redaksi
Waspada Virus Baru Menyebar di Jepang, Menginfeksi Manusia
Foto: AP/Eugene Hoshiko

JAKARTA - Virus baru membuat heboh di Jepang. Para peneliti menemukan virus baru yang bisa menimbulkan penyakit yang menginfeksi manusia.

Dinamai Yezo, virus ini menular melalui gigitan kutu. Penyakit yang disebabkan memiliki sejumlah gejala, mulai dari demam, penurunan trombosit sel darah merah dan darah putih.

Hal ini terungkap pertama kali kala seorang pria berusia 41 tahun dirawat tahun 2019. Ia mengeluh demam dan nyeri kaki, setelah digigit kutu saat berjalan di Hutan Hokkaido.

Ia dipulangkan setelah dirawat dua minggu. Namun tahun berikutnya, gejala serupa muncul ke seorang pasien baru setelah digigit hewan yang sama.

Hal ini membuat peneliti melakukan kajian di Universitas Hokkaido. Mereka menemukan jejak virus Yezo di lima pasien lagi sejak tahun 2014 namun kali ini dengan tanda lain, fungsi hati yang abnormal.

"Setidaknya tujuh orang telah terinfeksi virus baru ini di Jepang," kata ahli virologi Institut Internasional untuk Pengendalian Zoonosis Keita Matsuno dalam pernyataan pers Universitas Hokkaido, dikutip Newsweek dari jurnal Nature Communications, Rabu (6/10/2021).

Saat ini, memang belum ada kematian dilaporkan terkait virus Yezo. Namun peneliti mengharapkan penelitian dilakukan di seluruh Jepang.

"Semua kasus infeksi virus Yezo yang kami ketahui sejauh ini tidak menyebabkan kematian, tetapi kemungkinan besar penyakit itu ditemukan di luar Hokkaido, jadi kami perlu segera menyelidiki penyebarannya," kata peneliti uiversitas lagi.

(sumber: CNBCIndonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini