Ekspor Komoditas Pertanian Riau Nomor 2 di Indonesia, Terbesar di Sumatera

Redaksi Redaksi
Ekspor Komoditas Pertanian Riau Nomor 2 di Indonesia, Terbesar di Sumatera
istimewa

DUMAI - Presiden RI Joko Widodo melepas Merdeka Ekspor komoditi pertanian senilai 7.193 triliun rupiah. Pelepasan ekspor dilaksanakan serentak secara virtual melalui 17 pintu pengeluaran ekspor di Indonesia.

"Hari ini kita akan lakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekspor, melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Indonesia sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi," kata Kepala Negar Joko Widodo, Kepala Negara hadir dari Istana dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat secara virtual, Sabtu (14/8/2021).

Kementerian Pertanian mencatat nilai ekspor komoditi pertanian priode 9-14 Agustus 2021, ekspor tertinggi melalui pintu pengeluaran Pelabuhan Laut Tanjung Perak Surabaya Jatim sebanyak 1.287 triliun rupiah. Kemudian, disusul Pelabuhan Laut di Riau, senilai 1.077 triliun rupiah.

Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru melepas ekspor produk pertanian dengan nilai yang cukup fantastis yaitu 1,077 triliun rupiah. Tentunya semua pencapaian ini berkat kerjasama dan koordinasi antar instansi terkait baik dari Pemerintah Daerah, Dinas-Dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan serta instansi lain lingkup Kementerian Pertanian.

"Kegiatan pelepasan ekspor ini selain di Dumai, juga dilaksanakan di wilayah kerja lingkup BKP Kelas I Pekanbaru lainnya yaitu, di UPT Induk dengan nilai 13 milyar rupiah, Tembilahan dengan nilai 10 milyar rupiah Sungai Guntung dengan nilai 1,3 miliar rupiah dan Selatpanjang dengan nilai 256 Juta juta rupiah. Dumai sendiri memiliki nilai ekspor terbesar yaitu sejumlah 1,052 triliun rupiah," kata Gubernur Riau, ketika hadir pada Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian di Pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai.

Sebagai wakil dari Provinsi Riau, Syamsuar berkomitmen meningkatkan nilai ekspor komoditas pertanian. Hingga hari ini, nilai ekspor Provinsi Riau tahun 2021 sudah mencapai sebesar Rp 23,5 triliun atau naik 31 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 dengan nilai Rp18 triliun.

Kemudian, selain nilai ekspor dari provinsi Riau Kementerian Pertanian mencatat dari pintu pengeluaran lainnya, yakni melaui Pelabuhan Laut Trisakti Banjarmasin 861.230 milyar rupiah, Pelabuhan Laut Kariangu Balikpapan 746.890 milyar rupiah, Pelabuhan Laut Panjang, Bandar Lampung 660.504 milyar rupiah.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini