Ragam Nama Semen China: dari Garuda Hingga Jakarta

Redaksi Redaksi
Ragam Nama Semen China: dari Garuda Hingga Jakarta
Foto: Cover Topik/Semen/Edward Ricardo

JAKARTA - Produk semen di pasar kini semakin beragam, tak hanya pemain-pemain lokal juga asing macam Thailand, kini pasar sudah diramaikan kehadiran produk semen yang prinsipalnya dari perusahaan China. Bahkan prinsipal semen China sudah memproduksi langsung semennya di Indonesia.

Yang unik, beberapa produk semen yang prinsipalnya dari China menggunakan nama-nama "lokal". Misalnya saja ada ada PT Jui Shin Indonesia, yang memiliki produk semen bernama "Semen Garuda". Lokasi pabrik semen ini ada di Bekasi. 

Di pasar, harga semen ini sangat bersaing, Semen Garuda dibanderol dengan harga Rp44.800 untuk ukuran 50 kg, sedangkan 40 kg hanya Rp35.900.

Ada nama lain yaitu "Semen Jakarta", di bawah PT Semen Jakarta, lokasi produksi mereka berada di Banten. Di pasar, harga semen ini sangat kompetitif, di toko online Tokopedia misalnya untuk semen 50 kg hanya dibanderol Rp41.300, dan kemasan 40 Kg harganya Rp33 ribu saja.

Nama-nama produk semen yang ada di pasar Indonesia lainnya juga unik, misalnya "Semen Merah Putih" produk PT Cemindo Gemilang ini merupakan patungan perusahaan Indonesia dengan Singapura. 

(cnbcindonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini