8 Koperasi Terpilih Ikut Kompetisi Tingkat Nasional

Redaksi Redaksi
8 Koperasi Terpilih Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
ilustrasi
PEKANBARU, riaueditor.com- Menghadapi Hari Koperasi Nasional yang diselenggarakan di Medan, Sumatera utara (Sumut) pada 12 juli mendatang, Dinas Koperasi (Diskop) Riau siapkan 8 koperasi unggulan di Riau untuk mengikuti kompetisi koperasi tingkat Nasional.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Koperasi Riau, Raja Indra Bangsawan kepada wartawan. Dikatakannya, 8 koperasi yang terpilih untuk mengikuti kompetisi koperasi tingkat nasional ini telah diseleksi koperasi unggulan di tingkat desa, kecamatan, Kabupaten hingga menjadi koperasi unggulan tingkat Provinsi.

"Setiap Kecamatan itukan mempunyai koperasi desa unggulannya, yang unggul itu dipilih lagi untuk unggul di tingkat Kabupaten, selanjutnya unggul tingkat kabupaten diseleksi lagi menjadi unggul tingkat Provinsi. Nah, terpilihlah 8 koperasi unggul inilah yang diikutkan menjadi peserta di tingkat nasional nantinyan," kata Indra secara khusus kepada riaueditor.com, Rabu (28/5).

Ketagori untuk memilih koperasi unggul tersebut, lanjut Indra, yakni koperasi yang menerapkan prinsip dari koperasi itu sendiri. Misalnya, koperasi yang transparan akan laporan keuangannya, koperasi yang memiliki simpan pinjam yang bagus, sehat dan berkualitas.

"Misalnya, transparan terhadap laporan keuangan itu mereka melampirkan atau secara terbuka menampilkan laporan keuangannya di internet. Sehingga bagi anggotanya atau masyarakat lainnya ingin melihat, langsung bisa membuka website yang dimiliki," tuturnya.

Dari 8 koperasi unggulan yang dikirim ke Medan untuk mengikuti kompetisi hari koperasi nasional, terangnya, setidaknya Indra menargetkan 6 koperasi mendapatkan penghargaan dari pemerintah nasional. Sebab, katanya, tahun lalu saja, pihaknya mendapat 6 penghargaan berbagai kategori yang diperlombakan di hari koperasi nasional itu.

"Paling tidak untuk tahun ini kita targetkan 6 koperasi kita dapat penghargaan, kalau bisa ke 8 nya mendapatkan yang terbaik," ujarnya. (dea)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini