Pra UKW Angkatan XXI, Ketua PWI Riau Beri Pemaparan kepada Peserta

Redaksi Redaksi
Pra UKW Angkatan XXI, Ketua PWI Riau Beri Pemaparan kepada Peserta
Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang memberi pemaparan kepada peserta UKW Angkatan XXII PWI Riau.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar serta data grafik, maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Riau (PWI Riau), H. Zulmansyah Sekedang dalam acara pelatihan Pra Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di kantor PWI Riau jalan Arifin Ahmad yang dihadiri 24 orang peserta Pra UKW pada Senin (15/05/2023) siang.

"Siapapun bisa jadi wartawan, bahkan anak SMP pun bisa jadi wartawan, karena tak ada persyaratan khusus untuk jadi wartawan. Namun Kesadaran, pengetahuan dan keterampilan adalah kunci wartawan berkompeten,", ujar H. Zulmansyah Sekedang.

Dalam acara Pra UKW itu H. Zulmansyah Sekedang yang juga seorang Ahli Dewan Pers dan Penguji UKW PWI Pusat ini juga menyampaikan gambaran umum materi pokok yang akan diuji oleh para penguji yang berkompeten di bidang Jurnalistik karena materi tersebut merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh para peserta UKW.

"Tujuan digelarnya Pra UKW ini untuk dapat mengetahui proses uji kompetensi yang akan dilaksanakan esok hari”, ucap Zulmansyah Sekedang.

Selain itu H. Zulmansyah Sekedang juga menjelaskan akan ada sepuluh macam ujian pagi para peserta tingkat Madya dan peserta tingkat Muda yang mana setiap hasil ujiannya menentukan kompetensi para peserta.

"Ada sepuluh ujian bagi tingkat Madya dan Muda, dan apabila nilai hasil ujiannya dibawah nilai 70 maka dianggap tidak kompeten, dan itu berlaku untuk setiap ujian, meskipun ujian yang lainnya mendapatkan nilai 90", jelasnya.

Ketua Panitia UKW, Amril Jambak yang mendampingi H. Zulmasyah Sekedang pada acara tersebut menyampaikan bahwa seluruh peserta yang terdata sebanyak 28 orang dan peserta yang mengikuti Pra UKW berjumlah 24 orang yang terbagi dalam 5 kelas yang terdiri dari 4 kelas muda dan 1 kelas Madya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI Riau bersama Pemprov Riau, SKK Migas Sumbagut & KKKS ini akan dilanjutkan dengan UKW pada 16 -17 Mei 2023 nanti, dan akan dilaksanakan di Ameera Hotel Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru.(Rafizis)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini