Jadi Inspirasi, Brigjen Juansih Polwan Pertama Bergelar Doktor Cumlaude dari Unair

Redaksi Redaksi
Jadi Inspirasi, Brigjen Juansih Polwan Pertama Bergelar Doktor Cumlaude dari Unair
Brigjen Juansih. Foto/Istimewa/Dok Humas Polri

JAKARTA - Sosok Juansih, polisi wanita yang bergelar Brigadir Jenderal ini rupanya banyak menginsipirasi banyak orang. Terutama, para polwan muda yang baru meniti karier di dunia kepolisian.

Juansih merupakan polwan pertama yang memiliki gelar doktor di Korps Bhayangkara Polri. Saat ini, dirinya menjabat sebagai Karojianbang Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Juansih adalah perempuan kelahiran Majalengka, 2 Agustus 1964. Minatnya terhadap dunia kepolisian mulai tumbuh saat ia sedang menempuh pendidikan tingginya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Juansih muda sangat salut melihat seorang polwan yang sigap mengatur lalu lintas. Setelah lulus kuliah, ia membulatkan tekad untuk mendaftarkan diri sebagai polwan.Keinginannya itu tercapai. Ia berhasil lolos seleksi dan menempuh pendidikan kepolisian Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana tahun 1989.

Karier awalnya sebagai polwan ia jalani sebagai Inspektur Muda se-Polwan di tahun 1990. Kariernya semakin menanjak dan gemilang. Pada 2005 Juansih didapuk menjadi Kapolres Surabaya. Dua tahun setelahnya, ia diberi amanah sebagai Kapolres Batu.

Di tengah kesibukannya, Juansih sama sekali tidak melupakan pendidikan. Di tahun 2015, Juansih meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude dari Universitas Airlangga, dengan jurusan Sumber Daya Manusia.

IPK yang ia terima pun sangat tinggi, yakni 3,96. Sebelum melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-3, Juansih sudah terlebih dahulu menjalani pendidikan S2-nya di Universitas Gadjah Mada dengan fokus ilmu Hukum Bisnis.

Riwayat Jabatan:

Inspektur Muda Sepolwan

Kapolres Surabaya Timur (2005)

Kapolres Batu (2007)

Wakapolwil Bojonegoro (2008)

Karo Pers Polda Banten (2009)

Karo Log Polda Jatim (2010)

Karosarpras Polda Jatim (2011)

Kabagrenmin Sarpras Polri (2013)

Kabidjemen Sespim Lemdikpol Polri (2015)

Direktur Pemberdayaan Alternatif BNN (2017)

Analis Kebijakan Utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri (2018)

Karojianbang Lemdiklat Polri (2021). (Sindonews)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini