Kunker ke Bengkalis, Gubri Sampaikan 3 Strategi Penanganan Covid-19

Redaksi Redaksi
Kunker ke Bengkalis, Gubri Sampaikan 3 Strategi Penanganan Covid-19
1 dari 10
DISKOMINFO BENGKALIS
MANDAU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan 3 strategi utama dalam penanganan Covid-19 saat melakukan kunjungan kerja ke Bengkalis dalam rangka asistensi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau di Gedung Bathin Bertuah Kecamatan Mandau, Jum

MANDAU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan 3 strategi utama dalam penanganan Covid-19 saat melakukan kunjungan kerja ke Bengkalis dalam rangka asistensi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau di Gedung Bathin Bertuah Kecamatan Mandau, Jumat (23/11/2020).

"Ada 3 strategi utama penanganan Covid-19 untuk 8 provinsi yang juga termasuk Riau, dan harus diikuti kabupaten yakni target hulu dan hilir," ucapnya.

Target hulu sendiri merupakan pemutusan penambahan kasus harian, di mana memiliki strategi 1 mendorong prilaku masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan dan mendorong strategi testing dan tracking yang tepat sasaran.

"Strategi 2 yang juga masuk ke dalam target hulu yakni fasilitas karantina terpusat disediakan untuk pasien asymptomatic dan ringan sehingga RS tidak penuh dan mencegah penularan dengan keluarga. Lalu setiap kota yang memiliki kasus positif tinggi agar menyediakan fasilitas isolasi terpusat yang dilengkapi fasilitas kesehatan yang memadai untuk penanganan pasien OTG dan gejala ringan," ujarnya.

Sementara target hilir merupakan recovery rate dan penurunan angka kematian dengan strategi 3 menerapkan protokol standar trapi penanganan pasien dan memastikan setiap RS rujukan memiliki bed capacity, medical supplies dan equipment yang memadai untuk menjalankan protokol tersebut.

Kemudian selain 3 strategi tersebut Gubri Syamsuar juga meminta Satgas agar memastika operasi perubahan prilaku berjalan dengan baik serta ketersediaan pusat-pusat karantina mencukupi.

"Kami berharap TNI, Polri, Satpol PP serta pihak lainnya bisa menerapkan pola ini agar setidaknya dapat menerapkan disiplin di masyarakat," harap Syamsuar.

Pada kesempatan itu, Gubri juga menyerahkan bantuan obat Covid-19 untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis serta Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, yakni RSUD Mandau.

Dinas Kesehatan menerima obat berupa oseltamivir 75 mg 500 kapsul, azitromisin 500mg 1500 tablet dan levofloxasin 500mg 1300 tablet.

Sementara RSUD Mandau menerima obat oseltamivir 75 mg 100 kapsul, azitromisin 500mg 300 tablet dan levofloxasin 500mg 2000 tablet. Obat-obatan tersebut diserahkan Gubri Syamsuar kepada Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis Syahrial Abdi.

Hadir pada kesempatan tersebut Dirsamapta Polda Riau Kombes Pol Faried Zulkarnaen SIK, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Provinsi Riau dr. Wildan Asfan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Asisten 1 Provinsi Riau Jenri Ginting, Satgas Covid-19, Camat se-Kabupaten Bengkalis, Forkopimda Kecamatan Mandau dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis.(gal/dody)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar