UMK Pekanbaru 2023 Diperkirakan Naik 6 Persen

Redaksi Redaksi
UMK Pekanbaru 2023 Diperkirakan Naik 6 Persen
Ist
Ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, telah menerima surat ketetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) dari Pemrov Riau. Dalam surat tersebut ditetapkan UMP tahun 2023 sebesar Rp3.105 juta.

Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, untuk UMK Pekanbaru tahun 2023 merujuk dari UMP Riau. Pihaknya bakal melakukan rapat dengan dewan pengupahan untuk menentukan UMK Pekanbaru tahun 2023.

"Tetap berpedoman pada PP nomor 32 tahun 2021 tentang pengupahan. Kami sidang dulu dengan dewan pengupahan. Ada rumus yang kita gunakan untuk menentukan UMK," ujar Abdul Jamal, Kamis (17/11/2022).

Jamal mengaku, ada kemungkinan UMK di atas UMP Riau yang telah ditetapkan. Ada kenaikan UMK Pekanbaru tahun 2023 sebesar 6-7 persen dibandingkan UMK tahun 2022.

Dia menambahkan, setelah melakukan rapat dengan dewan pengupahan untuk menentukan UMK Pekanbaru tahun 2023, hasilnya akan disampaikan ke Pj Walikota Pekanbaru. Sementara untuk UMK Pekanbaru tahun 2022 sebesar Rp3.049 juta.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi mengatakan, UMP Riau ditetapkan melalui sidang dewan pengupahan yang digelar Selasa (15/11/2022) kemarin.

Namun, kesepakatan tersebut bisa saja kembali berubah, pasalnya akan ada aturan baru terkait aturan penetapan UMP tersebut. Pihaknya baru saja mendapatkan informasi, bahwa pada Jumat besok Kemendagri dan Kemenaker akan mengeluarkan aturan baru terkait penetapan UMP.

Dengan adanya aturan baru tersebut, bisa saja UMP Riau yang sudah ditetapkan diubah kembali.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini