Balai Ternak BAZNAS Siak Kembangkan Titik Pemberdayaan di Desa Lubuk Dalam

Redaksi Redaksi
Balai Ternak BAZNAS Siak Kembangkan Titik Pemberdayaan di Desa Lubuk Dalam
Foto: BAZNAS Kabupaten Siak

SIAK, riaueditor.com - Program Balai Ternak BAZNAS yang dikembangkan di Siak kini telah melebarkan sayapnya dengan menambah titik pemberdayaan.

Jika sebelumnya program Balai Ternak dengan fokus pada peternakan domba kambing telah berjalan di Desa Dayun, kini Balai Ternak BAZNAS Siak mulai merambah titik pemberdayaan di Desa Lubuk Dalam.

Balai Ternak BAZNAS Siak di Desa Lubuk Dalam ini nantinya akan menjadi kawasan peternakan integrasi sapi sawit.

Hingga Agustus 2021 telah banyak perkembangan yang terlihat dari pengembangan titik baru Balai Ternak BAZNAS Siak ini. Salah satunya melalui seleksi kelayakan peternak mustahik, pelatihan dasar peternak, pembentukan kelompok, dan kini memasuki pembangunan kawasan peternakan.

Pembangunan kawasan peternakan yang dilakukan dimulai dari pendirian sarana kandang di Desa Empang Baru, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Kandang dengan luas 8,5x23 meter persegi ini dibangun di atas lahan 25x100 meter persegi.

Lokasi Desa Empang Baru ini dipilih sebagai lokasi kandang Balai Ternak Siak untuk ternak sapi karena potensi alam yang sangat mendukung terutama banyaknya lahan sawit yang bisa diintegrasikan.

Ditargetkan pada tahap awal ini, kandang yang dibangun bisa menampung 20 ekor induk sapi dan 10 bakalan jantan.

Sapi yang akan dikembangkan yaitu jenis sapi bali yang pemeliharaannya diintegrasikan secara semi intensif melalui kandang dan lahan sawit.

Selain itu produk limbah sawit yang dihasilkan dari limbah sekitar akan diolah menjadi pakan ternak.

Kawasan peternakan integrasi sapi sawit ini akan dikelola oleh 20 orang peternak mustahik yang tergabung dalam kelompok Amanah Jaya.

Diharapkan kehadiran Balai Ternak BAZNAS Siak melalui pembangunan kawasan peternakan integrasi sapi sawit ini dapat memberikan dampak pada percepatan kemandirian mustahik secara ekonomi, kelembagaan, dan mental spiritual.

Setelah pembangunan kandang beserta kawasan peternakan ini selesai, tahap selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengadaan ternak dan mulai pelaksanaan program.

BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik juga terus memberikan pendampingan secara teknis dalam keberlangsungan pengembangan Balai Ternak BAZNAS Siak.

Balai Ternak BAZNAS Siak merupakan salah satu titik pemberdayaan peternak mustahik yang diinisiasi oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS serta didukung BAZNAS Provinsi Riau dan Pemerintah Daerah setempat.

Fokus utama yang dijalani adalah mengembangkan program penggemukan dan pembiakan ternak potong serta usaha pendamping lainnya seperti olahan daging dan aqiqah.(man)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini