Suhardiman Amby : Pacu Jalur akan Digelar Tiap Bulan

Redaksi Redaksi
Suhardiman Amby : Pacu Jalur akan Digelar Tiap Bulan
Ist
Pacu Jalur Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.(Foto: Ist)

KUANSING - Jika tidak ada aral melintang, pada tahun anggaran 2023 mendatang Pemkab Kuansing telah mewacanakan untuk menggelar iven pacu jalur setiap bulan.

Hal itu di utarakan Plt Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby saat menghadiri pelayuran jalur Bujang Gagah Dubalang Hitam Desa Pulau Panjang Cerenti, Ahad (27/11/2022) malam.

Dikatakan Suhardiman, pelaksanaan Pacu Jalur kecamatan ini dalam rangka memperingati hari besar Islam atau hari hari besar kenegaraan, seperti Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan dan lainnya.

"Hal ini dimaksudkan, untuk menanti kehadiran turis baik domestik maupun mancanegara. Jadi untuk pacu jalur Teluk Kuantan, khusus kalender pariwisata nasional, yang digelar bukan Agustus saja," ujarnya.

Dijelaskan dia, terkait Jalur Bujang Gagah Dubalang Hitam ini, pemerintah sangat mengapresiasi. Pihaknya akan hadir untuk mensupport penuh.

"Semoga ke depan bisa berprestasi lebih baik lagi," kata Plt Bupati didampingi Waka II DPRD Kuansing, Zulhendri dan Anggota DPRD Kuansing, Aswimar.

Dikatakan juga, saat ini ada 45 Desa yang mengajukan penebangan kayu jalur dan tengah diurus izinnya di Kementerian Kehutanan melalui Dinas Pariwisata Kuansing.

Sementara, Tokoh Masyarakat Cerenti, H. Musliadi dalam uraian singkatnya menyampaikan, dia meminta Pemkab Kuansing membantu selesainya jalur Bujang Gagah. Ini bentuk kepedulian masyarakat Desa Pulau Panjang Cerenti untuk pelestarian budaya Pacu Jalur.

"Untuk itu mohon dibantu segala ke terbatasan masyarakat," ucap mantan Legislator Kuansing itu.

Di kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri, Anggota DPRD Aswimar serta sejumlah Kepala OPD serta Plt Bupati Kuansing, berhasil mengumpulkan sedikitnya Rp36,5 juta rupiah dana untuk membantu penyelesaian jalur tersebut.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini