Sandiaga Uno Resmi Buka Festival Pacu Jalur Event Nasional di Tepian Narosa Kuansing

Redaksi Redaksi
Sandiaga Uno Resmi Buka Festival Pacu Jalur Event Nasional di Tepian Narosa Kuansing
Pembukaan Pacu Jalur di Kuansing yang dihadiri Gubri Syamsuar dan Menpar Ekraf Sandiafa Uno. (MCR)

KUANSING - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka pacu jalur event nasional tahun 2022 di Lapangan Limuno Kota Teluk Kuantan, Minggu (21/8/2022). Event nasional 2022 ini akan digelar mulai 21-25 Agustus 2022 di Tepian Narosa Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Sebanyak 178 jalur akan berlaga pada event nasional ini untuk memperebutkan hadiah-hadiah menarik dan piala bergilir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi.

Ribuan pengunjung membludak untuk menyaksikan acara pembukaan yang juga dihadiri oleh orang nomor satu di Riau yakni Gubernur Syamsuar, setelah dua tahun sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai yang meriah dari masyarakat Kuansing saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Wakil Menteri ATR/BPN RI, Raja Juli Antoni dan Gubernur Riau Syamsuar melambaikan tangan sebagai tanda salam hangat kepada seluruh masyarakat Kota Jalur Negeri Bermarwah.

"Bismillahirrahmanirrahim, maka festival pacu jalur event nasional tahun 2022 secara resmi dibuka. Insyaallah event ini berjalan lancar dan sukses," kata Sandiaga saat meresmikan festival pacu jalur yang didampingi langsung oleh Wakil Menteri ATR/BPN RI, Raja Juli Antoni yang ditandai dengan pemukulan gong.

Sandiaga mengatakan bahwa kebangkitan Indonesia sebagian besar ditopang oleh event-event pariwisata, untuk itu diharapkan geliat pariwisata harus tetap dijalankan dan disukseskan.

Sementara itu, salam hangat juga disampaikan Syamsuar atas sambutan masyarakat yang luar biasa.

Syamsuar mengapresiasi pelaksanaan festival pacu jalur yang diselenggarakan di Kuansing yang mana perhelatan tersebut memang tradisi masyarakat yang selalu diadakan setiap tahunnya.

"Kami sudat rindu dan antusias, karena pacu jalur sudah lama kosong (akibat pandemi Covid-19)," ujar Syamsuar.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan bantuan Pemerintah Provinsi Riau untuk festival pacu jalur sebesar Rp 195 juta rupiah. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Syamsuar kepada Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby.

Syamsuar berharap perhelatan festival pacu jalur event nasional tahun 2022 ini dapat berjalan meriah dan lancar.

Hal serupa juga disampaikan Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby dalam sambutannya mengatakan bahwa pacu jalur merupakan salah satu olahraga tradisional yang sudah ada sejah zaman dahulu, bahkan tidak tahu pasti tahun berapa ditemukan.

Untuk itu, kegiatan pacu jalur sudah mendara daging bagi masyarakat Kuansing. Pada zaman Belanda, Suhardiman menyebut pergelaran pacu jalur diadakan untuk merayakan hari ulang tahun ratu Belanda yakni Ratu Wilhelmina, namun untuk masa saat ini, helatan pacu jalur ditujukan untuk memperingati dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Mari kita sukseskan perhelatan festival pacu jalur 2022 ini, selamat datang dan selamat menikmati kemolekan Kabupaten Kuansing," tutup Suhardiman Ambi.

Diakhir penutupan acara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Wakil Menteri ATR/BPN RI, Raja Juli Antoni, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby dan undangan lainnya menyaksikan secara langsung pelepasan atlet pacu di pancang start Tepian Narosa Teluk Kuantan. (**)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini