Tuah Daun Pegaga Ditetapkan Sebagai Pemenang Lomba Desain Batik Khas Pelalawan 2015

Redaksi Redaksi
Tuah Daun Pegaga Ditetapkan Sebagai Pemenang Lomba Desain Batik Khas Pelalawan 2015
zul/riaueditor.com
Tuah Daun Pegaga Ditetapkan Sebagai Pemenang Lomba Desain Batik Khas Pelalawan 2015.
PELALAWAN, riaueditor.com -  Setelah sepekan lamanya  Dewan juri Lomba desain batik khas Pelalawan tahun 2015 yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh PT RAPP melalui program CSR bekerjasama dengan Dekranasda Pelalawan, menetapkan desain batik "Tuah Daun Pegaga" karya Titi Kanesthy warga Kota Pangkalan Kerinci sebagai pemenang lomba.

Hal ini disampaikan Tengku Kespandiar selaku Ketua Panitia penyelenggara didampingi Kadis Budparpora Pelalawan Zulkifli kepada riaueditor, Senin (30/11/2015). Menurutnya, dalam penyelenggaraan lomba desain batik khas Pelalawan tahun 2015 ini, panitia tidak menetapkan juara 1, pasalnya hasil karya nominasi masih banyak belum memenuhi kualifikasi dan standart yang diinginkan panitia beserta Dewan juri.

"Jadi karya desain batik Titi Kanesthy Tuah Daun Pegaga meraih juara 2 dan berhak atas hadiah sebesar Rp.4 juta beserta piagam penghargaan dan bingkisan, juara 3 Ali Amran karya lebah Rp.3 juta piagam dan bingkisan, harapan 1 Ampri Helmi karya lambaian gemulai akasia Rp.2 juta piagam dan bingkisan, harapan 2 Nurul Husna karya gemulai bono Rp.1,5 juta piagam dan bingkisan dan harapan 3 Lisa karya kemegahan bono dimalam hari Rp.1 juta piagam dan bingkisan," papar Tengku Kespandiar yang juga koordinator program pengembangan usaha kecil menengah CSR PT RAPP ini.

Dilanjutkan Kespandiar, Tim juri terdiri dari tokoh batik Riau Encik Amrun Salmon, LKAM Riau, LKAM Pelalawan dan Kadisbudparpora Pelalawan.

Dikatakan Kespandiar, Karya desain batik yang masuk kepanitia berjumlah 114 karya dari berbagai daerah di Riau dan sebagian karya berasal dari luar Riau. Setelah dilakukan penilaian oleh Tim independent maka Tim penilai memilih 20 karya peserta sebagai nominasi. Selanjutnya Tim juri melalui proses penilaian kesesuaian ungkapan, harmonisasi dan tekhnik desain panitia menetapkan tidak ada karya peserta lomba yang memenuhi seluruh kualifikasi yang ditetapkan panitia untuk ditetapkan sebagai pemenang 1.

"Maka Tim juri hanya menetapkan juara 2 hingga harapan 3 saja. Penganugrahan pemenang akan dilaksanakan selambatnya minggu ke-2 Desember 2015 di Balai pengembangan dan pelatihan usaha Terpadu (BPPUT) CSR PT RAPP di Townsite II.Pemberitahuan lebih lanjut menyusul," jelasnya.

Sementara, Kadisbudparpora Pelalawan Zulkifli menyebutkan bahwa dengan diadakannya Lomba ini maka akan menambah kekayaan khazanah motif dan corak desain batik khas Kabupaten Pelalawan.

"Untuk diketahui, pemenang Lomba yang karyanya mengambil tema daun pegaga yakni daun yang hidup di Kabupaten Pelalawan yang oleh masyarakat dibuat lalapan dan bahan obat-obatan. Karena memang khasnya batik Pelalawan ini motif dan coraknya bersumber dari alam," tutupnya. (zul)

Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini