Marisa Natalia Natra. K, SE Terpilih Sebagai Perempuan Berprestasi se-Provinsi Riau

Redaksi Redaksi
Marisa Natalia Natra. K, SE Terpilih Sebagai Perempuan Berprestasi se-Provinsi Riau
istimewa

KEP.MERANTI, riaueditor.com - Kasubag Teknis Humas Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Meranti (KPU), Marisa Natalia Natra. K, SE terpilih sebagai salah satu dari 124 Perempuan Berprestasi se-Provinsi Riau.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kepulauan Meranti Agusyanto, S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris dr. Nelfi Gusharyani dan Kabid PPPA Desy Mustika Sandra, S.Sos., Kamis (9/9/2021).

"Salah satu dari 20 Perempuan Berprestasi Kepulauan Meranti lainnya, sekaligus dimasukkan ke dalam Buku Perempuan Berprestasi yang diterbitkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau bersama Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau (Pusdatin Puanri)," kata Marisa yang saat ini menjabat sebagai Kasubbag Teknis & Hupmas KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Kepada Media ini Kamis (9/9/2021) via salulernya.

Menurut Marisa, penjaringan atas penghargaan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018. Melalui penilaian yang cukup ketat, didapatlah 124 perempuan-perempuan yang dianggap kompeten dan berdedikasi dalam beberapa aspek dan bidang seperti Bidang Pendidikan, Bidang Sosial & Budaya, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi-Wirausaha, Bidang Politik dan Hukum, Bidang Lingkungan, dan Bidang Olahraga.

"Keberhasil masuk sebagai perempuan berprestasi di bidang sosial dan budaya bukan tanpa alasan. Sederet prestasi di bidang tersebut telah diukir sejak lama, bahkan sejak beliau masih tinggal di Pekanbaru, diantaranya sebagai salah satu Finalis HIP Akademi Fantasi Indosiar 2005," jelas Marisa.

Kendati demikian, debut beliau pun terus berlanjut hingga berkarya melalui beberapa Album Kompilasi, Film Pendek, dan juga merambah ke dunia presenting di TVRI dan RTV. Masuk ke Kepulauan Meranti di tahun 2015 tidak menyurutkan kreativitas beliau dalam bidang seni dan budaya, bahkan beliau sangat aktif menjadi Pembawa Acara/ MC atau pun moderator di beragam acara baik yang diselenggarakan oleh KPU maupun Event-event besar di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Seperti halnya Perang Air yang merupakan agenda pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti selama 3 tahun berturut turut hingga menghadirkan Kementrian Pariwisata RI, Paripurna HUT Kabupaten Kepulauan Meranti setiap tahunnya," kata Marisa.

Bukan hanya itu, cerita Marisa lagi, Deklarasi Damai yang diselenggarakan oleh Polres dengan menghadirkan Kapolda Riau ketika itu, Acara kunjungan kerja beberapa pejabat daerah se-Riau, Sertijab Kapolres, dan beragam event lainnya. Dalam beragam acara tersebut, Marisa cukup terkenal dengan ciri khasnya dalam hal berpantun di setiap acara semi formal ataupun informal yang dibawakannya tersebut.

Masih kata Marisa, sehingga hal ini pula yang dinilai sebagai salah satu upaya dalam melestarikan budaya melayu.

Disamping aktif sebagai MC/ Pembawa Acara, ibu 2 anak ini pun aktif menjadi narasumber di beberapa pelatihan, seperti pelatihan Public Speaking dan MC, baik secara tatap muka maupun secara daring.

Tak hanya itu, mantan Asisten Ombudsman Perwakilan Riau ini pun dalam pekerjaan formalnya menorehkan beberapa pencapaian, diantaranya sebagai CSR Terbaik Plasa Telkom Sudirman dan meraih Peringkat I dalam Pendidikan Pra Jabatan yang kala itu tak hanya bersaing dengan segenap CPNS KPU se-Riau, tapi juga dengan CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah Sumatera Barat.

Disamping meraih beragam prestasi, beliau pun sangat menyadari bahwa aktif dalam lingkungan sosial sangatlah penting, oleh karenanya bergabung dalam beberapa organisasi pun beliau lakukan sejak di Pekanbaru, seperti menjadi Ketua Ikatan Pelestari Seni Budaya Indonesia (IPSBI) Provinsi Riau, Wakil Ketua Bidang Kesra Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Riau, dan Wasekjend Kesatuan Pelajar Mahasiswa Kota Bertuah (Kepak Bertuah). Hal yang sama pun beliau lakukan di Meranti, sehingga saat ini beliau tercatat sebagai Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Meranti dan menjabat sebagai Sekretaris I pada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kepulauan Meranti untuk kepengurusan hingga 2022 mendatang.

Segenap kegiatan, aktivitas & prestasi beliau tentu tidak lepas dari dukungan sang suami (Batam Saputra, SE), ayahanda (H. Natra Kamal) & Ibunda (Almh. Hj. Nurjana) tercinta bersama keluarga besar, serta segenap pimpinan dan rekan kerja di Komisi Pemilihan Umum khususnya KPU Provinsi Riau dan KPU Kabupaten Kepulauan Meranti sebagaimana yang beliau uraikan dalam Buku Perempuan Berprestasi tersebut. Sehingga besar harapan beliau dengan tercatatnya beliau sebagai salah satu Perempuan Berprestasi se-Provinsi Riau ini kedepannya dapat memotivasi kaum perempuan bahwa berkarya itu tidak mengenal batasan gender, usia, strata sosial bahkan suku maupun agama.

Sementara itu, Beliau pun tidak henti-hentinya berucap syukur bahwa keberadaan beliau di Kepulauan Meranti dapat diterima dengan baik karena beliau menilai bahwa masyarakat Kepulauan Meranti kulturnya sangat bersahabat dan tidak membeda bedakan antara pendatang dengan penduduk asli, sepanjang dapat berbuat untuk Meranti, masyarakat dan tentunya Pemerintah setempat pun senantiasa mendukung.

Sebait pantun penutup

“Pergi memancing ke Tepian Danau,Bekal mie sagu jangan terlupa Berkaryalah selalu Perempuan Riau,Tuk motivasi generasi penerus Bangsa,” ucap Marisa (Bom)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini