Sebanyak 543 Rumah dan 4 Fasilitas Umum di Rokan Hulu Riau Terendam Banjir

Redaksi Redaksi
Sebanyak 543 Rumah dan 4 Fasilitas Umum di Rokan Hulu Riau Terendam Banjir
ded/riaueditor.com

ROHUL - Banjir yang terjadi di dua Desa di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Riau mengakibatkan 543 rumah dan 4 fasilitas umum terendam akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Dua desa itu yakni Desa Sontang dan Desa Kasang Padang yang berada di Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul.

Hujan deras yang mengakibatkan banjir terjadi di Desa Sontang, Jumat (17/11/2023). Sementara itu, di Desa Kasang Padang, banjir terjadi sudah dua puluh hari sejak Selasa (31/10/2023). Hingga sampai saat ini, air belum surut dan mengakibatkan pelajar harus belajar di bawah tenda lapangan.

Banjir yang menerjang Desa Sontang pada Jumat (17/11/2023) kemarin mengakibatkan 543 rumah dan 3 Fasilitas umum seperti Masjid 1 serta Musholla 2 terendam. Ketinggian air diperkirakan mencapai 40 sampai 60 sentimeter.

"Sedangkan di Desa Kasang Padang banjir terjadi, Selasa (31/10/2023) sudah dua puluh hari, 1 unit sekolah SMA Negeri 2 Bonai Darussalam terendam dan pelajar masih belajar di bawah tenda lapangan. Ketinggian air di perkirakan 35 sampai 45 sentimeter," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M. Sitepu, Senin (20/11/2023).

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, dipastikan banjir akibat intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai Rokan.

"Penyebab hujan intensitas tinggi," tambahnya.

M. Sitepu berharap, kedepan ada pihak terkait yang dapat membantu warganya untuk mencari solusi agar banjir tidak merendam pemukiman warga dan Fasilitas umum seperti sekolah.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 35 siswa Sekolah SMA N 2 Bonai Darussalam, yang ada di Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Riau, belajar di kantin.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M. Sitepu mengatakan, prosen belajar mengalihkan siswanya belajar di kantin milik warga karena ruang kelas di genangi banjir.

"Kondisi ruang kelas telah di genangi banjir sejak Selasa (31/10/2023)," jelas Bintara Pembina Desa (Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR, Kamis (9/11/2023).

Dia menjelaskan ketinggian air bervariasi 35 sampai 45 sentimeter.

"Banjir yang terjadi sejak beberapa hari yang lalu diduga imbas hujan deras dan luapan air sungai Rokan," tegasnya.

"Untuk rumah warga sebagian sudah surut, hanya sekolah yang masih di genangi air," imbuhnya.

Dapat diketahui, BPBD Kabupaten Rokan Hulu, telah mendirikan tenda pleton sebanyak 1 unit yang di gunakan pelajar sekolah SMAN 2 Bonai untuk melaksanakan aktifitas belajar.(ded)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini