Sebagian Pekanbaru Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG

Redaksi Redaksi
Sebagian Pekanbaru Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG
Butiran es yang turun di Kota Pekanbaru.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Sebagian wilayah Kota Pekanbaru khususnya di seputaran Panam Kecamatan Bina Widya, terjadi hujan es. Kejadian ini merupakan fenomena langka yang baru terjadi di Kota Pekanbaru, Sabtu (25/3/2023).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, hujan es ini biasa terjadi saat musim peralihan dari kemarau ke musim hujan. Penyebabnya adalah masifnya pemanasan permukaan bumi yang mengakibatkan penguapan yang cukup intens, sehingga terbentuk awan-awan konvektif (awan bersel tunggal).

"Hujan es terjadi apabila awan yang tumbuh tidak mampu lagi menampung penguapan yang terjadi terus menerus dari permukaan ke atmosfer," kata Ahmad Agus Widodo, Prakirawan BMKG Pekanbaru.

Di samping itu, suhu di dalam awan terlalu dingin, sehingga saat air hujan yang jatuh masih berupa butiran-butiran es.

Dijelaskannya, potensi hujan es ini masih bisa terjadi. "Namun kita tidak bisa memastikan kapan dan di daerah mana terjadinya," tambah Ahmad Agus Widodo lagi.

Fenomena terjadinya hujan es ini dapat dilihat dan dipantau dari tanda-tanda dan gejala seperti adanya awan yang sangat tebal dan hitam pekat, dan sebelumnya terjadi pemanasan yang sangat intens.(Andi)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini