PKS PT KAS di Inhu Diduga Tampung Buah Sawit Kebun Dalam Kawasan Hutan

Redaksi Redaksi
PKS PT KAS di Inhu Diduga Tampung Buah Sawit Kebun Dalam Kawasan Hutan
Foto: riaubernas.com

INHU - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Kharisma Agro Sejahtera (PT KAS) yang berlokasi di Desa Batu Papan, Inhu, diduga menampung Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang berasal dari kebun-kebun dalam kawasan hutan di Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri hulu (Inhu), Riau.

Penampungan buah dari dalam kawasan ini ternyata sudah lama dilakoni oleh pengusaha Among (Hardiyanto) menggunakan kaki tangan warga dengan membuat sejumlah badan hukum Commanditaire Vennootschap (CV) guna melegalkan TBS dari kawasan hutan tersebut masuk ke pabrik.

Menurut sumber yang dilansir kabarriau.com, sejumlah Delivery Order (DO) memonopoli suply TBS ke pabrik PT KAS, "jika ada pengepul TBS kelapa sawit hendak mengantar TBS ke pabrik PT KAS maka menggunakan DO milik Among,” kata sumber ini.

Dalam temuan RSW, dukungan kebun kelapa sawit untuk pendirian pabrik PT KAS Batu Papan berasal dari kelompok tani dibuat fiktif dari sejumlah desa di Kecamatan Batang Cenaku, dimana kelompok tani tidak ada yang bermitra dengan pabrik PT KAS tersebut.

"Kami di sini kalau mau ngantar TBS ke pabrik PT KAS menggunakan DO milik Among, omsetnya ribuan ton tiap bulan," kata pengepul TBS di Desa Alim yang mengaku TBS tersebut memang berasal dari kebun dalam kawasan hutan.

Sebelumnya hasil investigasi Riau Social Work (RSW) diungkap media menyebut Ketua RSW Justin Panjaitan menjelaskan, hasil investigasi yang dilakukan tim ada Perbuatan Melawan Hukum (PMH) sebab sudah merugikan masyarakat.

"Selain penampung buah dalam kawasan kami juga menemukan masyarakat mengeluh tentang limbah pabrik PT KAS mencemari sungai," ujar Justin di Rengat.

Dikonfirmasi Hp Hardiyanto alias Among, 08127685XXX, Selasa (8/11/22), hingga berita ini dirilis tak mengangkat walau telepon Among berdering tanda masuk.***


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini