DPKP Inhil Tangkap Buaya Sepanjang 2 meter di Teluk Pantaian Gaung Anak Serka

Redaksi Redaksi
DPKP Inhil Tangkap Buaya Sepanjang 2 meter di Teluk Pantaian Gaung Anak Serka
istimewa

PEKANBARU - Seekor buaya yang dikabarkan pernah menyerang warga ditangkap di Desa Teluk Pantaian, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Inhil. Oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau,

Buaya yang baru ditangkap ini memiliki panjang lebih kurang 2 meter. Lebar 60-70 cm dan berat sekitar 150 kg.

Sebelumnya, juga berhasil ditangkap seekor buaya dengan ukuran panjang 2 meter.

Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby mengatakan, operasi penangkapan buaya dilakukan karena dilaporkan sering menampakkan diri di permukaan.

“Buaya ini dilaporkan sudah pernah menggigit warga,” kata Eddiwan Shasby, Jumat (3/12/2021).

Eddiwan Shasby mengatakan, karena cukup meresahkan operasi penangkapan dilakukan beberapa kali, yang pertama penangkapan buaya di Desa Teluk Pantaian pada Rabu (1/12/2021) kemarin.

Operasi pertama jelas, Eddiwan Shasby, terbilang cukup sulit dengan kondisi sungai yang sangat luas di desa tersebut.

“Butuh waktu 14 j untuk proses penangkapan buaya di Desa Teluk Pantaian hingga subuh hari. Kemudian, langsung kita evakuasi karena sangat meresahkan warga setempat,” ujar Eddiwan Shasby.

Sedangkan, hasil yang didapat ditangkap satu buaya dengan ukuran lebih kurang meter. Kemudian, buaya yang kedua memiliki panjang lebih kurang 2 meter. Lebar 60-70 cm dan berat sekitar 150 kg.

“Buaya kedua itu kita tangkap hari ini. Selanjutnya, langsung di evakuasi ke Mako Damkar Inhil,” kata Eddiwan Shasby.

Eddiwan, juga mengimbau agar masyarakat sekitar lokasi kemunculan buaya, untuk tetap berhati-hati dan waspada karena beberapa kemungkinan buaya bisa berada di pemukiman masyarakat yaitu kondisi cuaca musim penghujan dan air pasang.

“Adanya serangan buaya ini karena habitatnya terganggu atau sedang mencari makan serta disekitar lokasi ada tempat bertelurnya,” jelas Eddiwan.

(MCR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini