Pemprov Riau Siapkan Beasiswa Bansos Pendidikan untuk Mahasiswa di 76 Perguruan Tinggi

Redaksi Redaksi
Pemprov Riau Siapkan Beasiswa Bansos Pendidikan untuk Mahasiswa di 76 Perguruan Tinggi
Ilustrasi: Sejumlah Mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengikuti kegiatan Wisuda beberapa waktu lalu.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Kasubag Pendidikan Biro Kesejahteraan (Kesra) Setdaprov Riau, Muhammad Saleh mengatakan akan memberikan beasiswa bantuan sosial (Bansos) pendidikan kepada mahasiswa se-Provinsi Riau.

Beasiswa bantuan sosial pendidikan ini akan diberikan kepada mahasiswa yang ada di 76 perguruan tinggi di Provinsi Riau.

"Iya beasiswa bantuan sosial pendidikan bagi mahasiswa yang ada di semua perguruan tinggi di Provinsi Riau, ada sekitar 76 perguruan tinggi semuanya dapat tanpa terkecuali," kata Muhammad Saleh, Senin, (02/08/2021).

Ia menjelaskan bahwa beasiswa bantuan sosial pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yaitu untuk pembayaran SPP atau UKT.

"Dengan pemberian bantuan sebesar dua kali SPP kalau memang UKT atau SPPnya rendah kami tambah uang buku dan ada tambahan uang foto copy. Berdasarkan hitungan uang ukt/spp mahasiswa bersangkutan," ujarnya.

Sebelumnya, Muhammad Saleh menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Riau telah menyediakan beasiswa untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 di dalam Riau dan luar daerah Riau untuk tiga kategori.

"Pertama untuk beasiswa prestasi ini terdiri dari universitas yang sudah diseleksi, dan sudah ada di MoU kan, jadi dia terbatas dan terpilih hanya beberapa perguruan tinggi, biasanya kita untuk 10 besar saja di dalam Riau dan di luar Riau," tuturnya.

Dia menyebut karena terkendala biaya atau anggaran maka baru lima besar saja yang diperuntukan baik untuk luar Riau dan di dalam Riau sendiri.

"Kita juga punya beasiswa bidik misi. Beasiswa miskin prestasi bakti negeri Provinsi Riau. Beasiswa ini diberikan seleksi maksimal S1 sampai semester 8. Beasiswa ini juga berkesinambungan. Beasiswa bidik misi ini mulai dari semester 1 sampai semester 8," jelasnya lagi.

Menurutnya saat ini beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Riau yang berada di luar daerah Riau itu hanya sedikit. Dimana 90 persennya beasiswa diperuntukan untuk mahasiswa di Riau.

"Ada sekitar 90 persen penyaluran beasiswa dari Pemprov Riau berasal dari perguruan tinggi di dalam Provinsi Riau. Nah 90 persen itu jumlah penerimanya dimana yang sedang kuliah di dalam Provinsi Riau," tutupnya.(MCR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini