Dari 9.973, Hanya 285 Perpustakaan Sekolah di Riau Terakreditasi

Redaksi Redaksi
Dari 9.973, Hanya 285 Perpustakaan Sekolah di Riau Terakreditasi
Ilustrasi.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Dari total 9.973 perpustakaan sekolah yang ada di Provinsi Riau, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi. Hingga saat ini baru 285 perpustakaan sekolah yang sudah terakreditasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dari data yang dimiliki pihaknya, ada total 2.762 perpustakaan tingkat TK di Riau. Kemudian untuk tingkat SD ada 4.185 perpustakaan sekolah.

"Untuk tingkat SMP ada 1.842 perpustakaan sekolah, tingkat SLTA 1.706 perpustakaan sekolah dan tingkat perguruan tinggi ada 108 perpustakaan. Dari jumlah tersebut, baru 285 perpustakaan yang terakreditasi," katanya.

Dengan demikian, pihaknya mendorong perpustakaan sekolah yang belum terakreditasi untuk dapat meningkatkan sarana dan prasarana, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidangnya, meningkatkan jumlah koleksi termasuk melakukan inovasi.

"Soal IT juga harus disiapkan, karena sekarang perpustakaan tidak hanya beca ditempat, tapi ada yang digital juga. Kalau sudah sesuai dengan standar, akan mudah mendapatkan akreditasi," sebutnya.

Untuk melengkapi hal diatas, menurut Mimi saat ini juga sudah mudah. Karena dari sisi anggaran sudah ada bantuan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan juga Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

"Pihak dinas pendidikan juga sudah menyebutkan hal tersebut, ada dana BOS dan BOSDA juga. Tinggal sekolah saja yang mengelolanya," ujarnya.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini